MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PENA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurul Mulpiani Universitas Lambung Mangkurat
  • Ratna Purwanti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10631

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Model PENA

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbaikan kualitas pembelajaran melalui aktivitas guru dan peningkatan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini memanfaatkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 4 pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Pengambangan 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif yang diperoleh dari observasi kegiatan guru dan siswa, dilanjutkan dengan data kuantitatif hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian tertulis kelompok atau individu. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan instruktur dilakukan dengan menggunakan standar yang sangat tinggi. Kegiatan siswa baik klasikal maupun individual cukup padat. Secara individual dan klasikal hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan data temuan dan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran PENA (Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Make a Match) mampu memberikan peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 01, 25.

Aqib, Z. (2015). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Ariani, L. (2019). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Pape, Banjarmasin, 13, 103–110.

Arlinda, R., Noothapizah, & Agusta, A. R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. 5(1), 1–10.

Cahyaningtyas, E., Widiyanto, B., & Kusuma, M. (2019). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). Jurnal Pendidikan, 13(2).

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8(2), 121–129.

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 6(1), 193–202.

Isnarofik, M. B. (2017). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam MAteri Pembentukan Tanah Melalui Model Pembelajaran Make A Match. DINAMIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1).

Jupriyanto, & Nurdin. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 17.

Kunandar. (2014). Langkah Mudah Penelitian Tinndakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Grafindo Persada.

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80–92.

Maryam, S., Sukmana, N., & Ridha, M. R. (2019). Penggunaan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Primaria Educationem Jornal, 2(2), 156–162.

Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 657–665.

Muis, A. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Laksana.

Nikhayah, S., Murtono, & Roysa, M. (2021). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education, 7(3), 785–790.

Noorhapizah, Sukma, M. R., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas IVB SDN Gambut 2 Kabupate. 5(1), 95–106.

Noviyanto, T. S. H., Susanti, B. H., & Khairunnisa, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 572–581.

Nugraha, F. N., Hendawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Rafiqoh, S. (2020). Arah Kecenderungan dan Isu dalam Pembelajaran Matematika Sesuai Pembelajaran Abad 21 untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73.

Rahma, & Fatimah. (2019). Peningkatah Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran, 2(2), 40–44.

Rahmawati, D., Nugroho, S. E., & Putra, N. M. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen untuk Meningktakan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(1).

Safitri, D. P. (2018). Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pelatihan Guru Pembelajar Mode Daring. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1.

Sam’an, Junaid, M., & Muliwati, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Saind Siswa Kelas VIII MTs Ainul Yaqin Kota Jambi.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Sanjaya.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sisca. (2021). Manajemen Inovasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhapizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suriansyah, A., Aslamiah, & Sulistiyana. (2015). Profesi Kependidikan Perspektif Guru Profesional. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wijaya, I. K. W. B., & Fajar, A. M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasikan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 8–17.

Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190–198.

Wulandari, D. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Make A Match Pada Siswa Kelas III SDN 4 Kedungbanteng. Social Humanities and Educational Studies (SHES): Conference Sains, 3(3), 1772–1776.

Downloads

Published

2023-11-03