ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII-C SMPN 2 BAYAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Nanik Khaeroni Universitas Mataram
  • Laila Hayati Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mataram
  • Nilza Humaira Salsabila Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mataram
  • Muh. Turmuzi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mataram

Keywords:

analisis kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan logis matematis, Polya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya dalam menyelesaikan soal materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas VII-C SMPN 2 Bayan tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Tehnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh (i) siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dapat melalui semua tahap yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. (ii) siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang hanya dapat melalui tiga tahapan indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana tetapi tidak bisa melalui tahap memeriksa kembali. (iii) siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah hanya melalui tahap memahami masalah tetapi belum bisa melalui tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Diharapkan agar siswa lebih banyak melatih dan membiasakan diri mengerjakan soal-soal pemecahan masalah serta soal-soal kecerdasan logis matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, N., Nasrullah, & Safaruddin, S. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tingkat kecerdasan logis matematis siswa kelas XI. Jurnal Issues In Mathematics Education (IMED), 4(2), 136-146.

Dewi, A., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 713-715). Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model programme for international student assessment (PISA) pada konten perubahan dan hubungan ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa kelas IX SMP Muhammadiyah program khusus Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(6), 421-434.

Faizah, F., Sujadi, I., & Setiawan, R. (2017). Proses berpikir siswa kelas VII E dalam memecahkan masalah matematika pada materi pecahan ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan matematika (JPMM), 1(4), 18-24.

Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis kesalahan newman dalam menyelesaikan soal cerita materi turunan pada siswa kelas XII. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(2), 66-73.

Indah, N., Prayitno, S., Amrullah, & Baidowi, (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya kognitif refleksi-implusif. Griya Journal Of Mathemamatics Education and Application, 1(2), 106-114.

Khatami, M. F., Sridana, N., Laila, H., & Amrullah. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal kompetitif ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 214–225.

Mukarromah, L. (2019). Kecerdasan logis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui problem posing pada materi himpunan kelas VII MTs Nurul Huda Mojokerto. JP3, 14(8), 16-22.

Muis, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Teori dan Penerapannya. Gresik: Caramedia Communication.

Nurojab, E. S., & Sari, V. T. A. (2019). Hubungan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 2(5), 329–336.

Permatasari, z., Sridana, N., Amrullah, Sarjana, K. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tingkat adversity quotient (AQ). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 437-448.

Permendiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Pendidikan Nasional.

Polya (2004). How to Solve It a New Aspect of Mathematical Method. Princeton N.J: Princeton University Press.

Puspitawati, R. J., Faridah, L., & Aini, K. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal hots ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 16-26.

Rianasari, V., F. & Sulistiyani, N. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Rohman, N., Toyib, M., & Sutarni, S. (2020) Kemampuan pemecahan masalah matematika model TIMSS konten bilangan pada siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah dan sedang. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaran (pp. 105-112). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusdi, B., Hairun, Y., & Bani, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 100-109.

Sapitri, Y., Utami, C., Mariyam. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar. Variabel, 2(1), 16-23.

Toyib, M., Rohman, N., & Sutarni, S. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis model TIMSS konten bilangan pada siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. 3(2), 64-80.

Turmuzi, M., Sripatmi, Azmi, S., Hikmah, N. (2018). Penerapan model pembelajaran creative problem solving (cps) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Pijar MIPA (J.MIPA). 13(1), 45-50.

Downloads

Published

2023-11-03

Most read articles by the same author(s)