ANALISIS PENGGUNAAN LMS SiPeDar TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MAHASISWA PGSD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10489Keywords:
LMS SiPeDar, Hasil Belajar Fisika, Mahasiswa PGSDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Learning Management System (LMS) SiPeDar terhadap hasil belajar fisika mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Kelompok eksperimen yang menggunakan LMS SiPeDar dalam pembelajaran fisika dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data hasil belajar diperoleh melalui tes awal dan tes akhir yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LMS SiPeDar secara signifikan meningkatkan hasil belajar fisika mahasiswa PGSD dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kelompok eksperimen yang menggunakan LMS SiPeDar memperoleh skor tes akhir yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, melalui analisis angket, mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LMS SiPeDar dalam pembelajaran fisika, merasa lebih termotivasi, dan memiliki akses yang lebih mudah terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan teknologi pembelajaran di konteks pendidikan tinggi, khususnya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika di program studi PGSD. Disarankan bagi institusi pendidikan untuk mengintegrasikan LMS SiPeDar ke dalam kurikulum pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar mahasiswa PGSD dalam perkuliahanDownloads
References
Mahmudah, F.N., & Putra, E.C. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9, 43-53.
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0. Indonesian Research Journal On Education.
Sabaruddin, S. (2022). Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi.
Harahap, S., Simatupang, M.K., & Atika, L.N. (2023). Penguatan Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Melalui Learning Management System (LMS) untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Society 5.0. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika.
Djufri, E., Zulfiati, H. M., Khaharsyah, A., Megawati, I., Saputra, B. D., Anggreini, D., & Nizhomi, B. (2023). Analisis Persepsi Mahasiswa PGSD terhadap Penggunaan Platform Pembelajaran SiPeDar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(1), 85-98.
Huang, F., Teo, T., & Scherer, R. (2022). Investigating the antecedents of university students’ perceived ease of using the Internet for learning. Interactive Learning Environments, 30(6), 1060–1076. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1710540
Sunarto, M. J. D., Amelia, T., Sagirani, T., Lemantara, J., & Hariadi, B. (2022). Pemanfaatan LMS Molearn Bagi Guru SMK Pawiyatan Surabaya Sebagai Sarana Pembelajaran Hybrid Learning. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 25–35. https://doi.org/10.36312/linov.v7i1.661
Noor, H. (2015). Memotret Data Kuantitatif (Untuk Skripsi, Tesis, Disertasi). Semarang: CV. Duta Nusindo Semarang.
Putra, R. W. Y. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211– 220.https://doi.org/10.24042/ajpm.v7 i2.36
Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2016). The Effectiveness of Team’s Game Tournament Seen From Communication and Problem Solveing Capabilities (Experimental Study of Class VIII students in SMP Negeri 1 Seyegan). Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.26486/mercumatik a.v1i1.185
Novalia, M., & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja.
Mudholkar, G.S., & Hutson, A.D. (2000). The epsilon-skew-normal distribution for analyzing near-normal data. Journal of Statistical Planning and Inference, 83, 291-309.
Qorimah, E.N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu.
Indrawathi, N.L., Dewi, P.C., Widiantari, N.L., & Vanagosi, K.D. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Mahasiswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan.
Ridho’i, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Mahasiswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL e-DuMath.
Rachmatullah, N., Mukarromah, D., & Sutabri, T. (2023). Learning Management System Berbasis Cloud dalam Model Pembelajaran Blended Learning Pada Fakultas Saintek UIN Raden Fatah. JURNAL FASILKOM.
Susanto, F., Hidayat, R., Rahayu, E.M., Hertiki, Arbani, A.N., & Soelistijowati, J.O. (2021). PEMANFAATAN QUIZ BOT TELEGRAM DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS.
Vashty, S.Q., Permana, R.H., Suminar3, J.R., & Arifin, H.S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LMS LIVE UNPAD TERHADAP PENERIMAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.