PENGEMBANGAN MEDIA CODIBOOK (LEARNING COMIC BERBASIS DIGITAL BOOK ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Satriana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syukri Syamsuri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10342

Keywords:

pengembangan, media codibook, hasil belajar

Abstract

Pengembangan Media CodiBook (Learning Comic Berbasis Digital Book) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Unggulan Bontomanai pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ASSURE. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Unggulan Bontomanai dengan jumlah total keseluruhan 35 orang, jumlah laki-laki 16 orang dan perempuan 14 orang. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwan penggunaan media codibook (Learning Comic Berbasis Digital Book) dapat dikatakan terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan hasil 24 orang berada pada kategori tuntas dab 8 orang berada pada kategori tidak tuntas, dengan ketuntasan klasikal setelah penggunaan media ­learning comic berbasis digital book (CodiBook)  secara klasikan sebesar 80%. Dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik sehingga dapat dikatakan media ­learning comic berbasis digital book (CodiBook) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gumanti, R. W. (2020). Inovasi Pendidikan dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(4), 264-279.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. EDISI, 3(2), 312-325.

Maturbongs, Y. H. (2019). Tantangan Era Globalisasi terhadap Manajemen Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(2), 122-141.

Mukarrom. Z, &Rusdiana. A. (2017). Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan. Bandung: Jawa Barat

Nurdin, S. & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ranang. A.S, dkk. (2010). Animasi Kartun Dari Dialog Sampai Digital. Jakarta: PT Index

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Universitas PGRI Palembang.

Saputro. A.D. (2015). Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Muaddib 05 (01): Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Suryana, Yaya & H.A. Rusdiana. (2015). Pendidikan Multikultural. Bandung: Pustaka Setia

Downloads

Published

2023-11-02