PERBANDINGAN METODE MONTESSORI DAN METODE SAS TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDIT RAFFASYA BAITUL MAKMUR

Authors

  • Nadiah Nur Qarimah Universitas Muhammadiyah Makassar http://orcid.org/0000-0002-0478-2367
  • Andi Sukri Syamsuri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan membaca permulaan siswa melalui metode montessori berbantuan media movable alphabet dengan metode SAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental design dengan model pretest and posttest two group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I dengan jumlah siswa 44 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas I A dan I B yang terdiri dari 22 orang setiap kelas, dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi dan tes untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, Normalized Gain Score, dan Effect Size. menunjukkan bahwa membaca permulaan metode montessori berbantuan media movable alphabet berpengaruh lebih signifikan dibandingkan dengan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Hasil perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai 0,00 < 0,05. Hasil perhitungan N-gain score diperoleh 0,21 pada metode SAS, sedangkan pada metode Montessori diperoleh 0,48. Hasil perhitungan cohen's d effect size bernilai 0,15. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedua metode tersebut terhadap kemampuan membaca permulaan, dengan perbandingan Metode Montessori menghasilkan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan metode SAS, meskipun perbedaan effect size diantara kedua metode tersebut tidak terlampau jauh.   Kata Kunci: Metode Montessori, Media Movable Alphabet, Metode SAS, Keterampilan Membaca Permulaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi Hamid M, Ramadhani R, Masrul M, Juliana J, Safitri M, Munsarif M, Jamaludin J, Simarmata J. 2020. Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Alim MNP dan D. 2015. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Dayanti S. 2022. Perbandingan Keterampilan Membaca dan Menulis Awal Melalui Metode Montessori Berbantuan dan Tanpa Bantuan Media Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Inpres Tamannyeleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Tesis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Djamarah SB dan ZA. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raneka Cipta.

Ernawati E. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Montessori Berbantuan Media Movable Alphabet Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 57 Di Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros. Edunesia : Jurnal Ilmiah PendidikanJurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1):153–161.

Falah RN, Kusuma WC, Tamarani W. 2021. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Belajar Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Metode Iqro Modifikasi Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 14 Pemulutan Ogan Ilir. Di dalam: PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Furqan. 2004. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hamzah U. 2015. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jhonson JL. dan JE. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Lubis SSW. 2018. Pengembangan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. PIONIR: Jurnal Pendidikan. 7(1).

Madasari KA, Mulyani M. 2016. Keefektifan Metode Eja dan Metode SAS Berdasarkan Minat Belajar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. SELOKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(2):177–183.

Montessori M. 2013. Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru dan Orang tua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Didik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution M. 2018. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika.

Priyatno. 2012. Belajar Praktis Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Rozak RWA. 2017. Pengembangan pembelajaran membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan pengalaman berbahasa berbasis literasi sastra. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono PD. 2016. Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan HG. 2019. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Wulanndari EWS. 2017. Analisis Metode Pembelajaran Sas (Struktur Analitik Sintetik) Yang Digunakan Guru Dalam Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Di Sdn Tlogomas 1. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2022-12-22