PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN CANDIPARI I
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10310Keywords:
Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDN Candipari I. Populasi dan sampel terdiri dari semua siswa kelas V SDN Candipari I yang berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis belajar siswa dan uji t dengan taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Candipari I. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada pretest lebih kecil daripada nilai posttest, artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara pretest dengan hasil posttestDownloads
References
Syah, M. (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Haryanto. (2012). Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. belajarpsikologi.com,
Sapriati, A. (2014). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniasih, I. (2015). Ragam Model Pembangunan Pembelajaran. Jakarta: Katapena.
Hyar et al, D, B. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka.
Johar, R., & Hanum L. (2021). Strategi Belajar Mengajar Untuk Menjadi Guru yang Profesional. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.