ANALISIS PENGGUNAAN METODE SPEED READING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI DANGDEUR 1 KECAMATAN JAYANTI KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Kholis Nurfalah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • M. Azdi
  • Septy Nurfadhillah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10125

Keywords:

Metode Speed Reading,  Kemampuan Membaca.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di SD Negeri Dangdeur 1 Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil data di SD Negeri Dangdeur 1 Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V-B dan guru kelas. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa telah memenuhi target. Hal ini dapat dilihat  dengan menggunakan metode speed reading kemampuan membaca siswa pada kelas V- B meningkat. Siswa mampu speed reading dengan baik dan konsentrasi saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa mampu menyerap informasi secara cepat, siswa mampu meningkatkan pemahaman, siswa cepat menemukan ide pokok, siswa mampu skimming dan scanning dan konsentrasi saat pembelajaran speed reading berlangsung. Yang berarti SD Negeri Dangdeur 1 terutama pada guru kelas V-B tersebut sudah menerapkan metode speed reading dengan baik, sebagai acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Peran siswa dalam penggunaan metode speed reading juga sudah baik, dan siswa lebih termotivasi lagi untuk membaca dan siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan  metode speed reading.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, L. (2021). Speed Reading Teknik dan Metode Membaca Cepat. Yogyakarta: A+PLUS BOOKS.

Amanata, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Membaca Pemahaman menggunakan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Volume 8 Nomor 8, 302.

Dalman. (2018). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hariwijaya. (2011). Speed Reading. Jurus Membaca Cepat, Tepat, dan Akurat. Jakarta: Tugu Publisher.

Hubaib, S. (2022, September). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming dan Scanning. Jurnal Intelegensia, Volume 7 No 2, 62-63.

Ichsan, B. (2021). Literasi Informasi Ilmiah untuk Kedokteran dan Kesehatan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Kustian, N. (2017, Desember). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan dalam Membaca Cepat untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf. Jurnal String, Vol. 2 No.

Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Mawardi. (2022). Desain Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Rosnaningsih, A. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Tangerang: Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Titania, R. B. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode Speed Reading pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 12.

Downloads

Published

2023-09-06