ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Shofia Dwi Aryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deni Wardana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10028

Keywords:

Kesalahan, Tanda Baca, Menulis Karangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menggunakan tanda baca pada tulisan karangan siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kedaung Wetan 2 yang berjumlah 8 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, analisis dokumen berdasarkan hasil karangan siswa kelas V, dan dokumentasi tulisan karangan siswa kelas V SD Negeri Kedaung Wetan 2. Hasil penelitian menunjukan beberapa siswa sudah memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan tanda baca, namun masih terdapat banyak kesalahan dalam praktik penulisan karangan mereka. Beberapa kesalahan umum termasuk penempatan tanda titik yang tidak tepat di akhir kalimat, penggunaan tanda baca koma yang tidak benar, penempatan tanda hubung yang tidak tepat. Adapun hal ini disebabkan karena kuranganya pemahaman siswa tentang penggunaan tanda baca dalam menulis karangan dan siswa terburu-buru dalam menulis karangan, sehingga siswa kurang memperhatikan pengunaan tanda baca Hal ini menunjukkan perlunya memberikan bimbingan khusus dan latihan lebih lanjut kepada siswa terkait penggunaan tanda baca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi & Arifin. (2016). Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Chatrin Pratiwi, S. (2021). PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Yogyakarta: Griya Pustaka Utama.

Halimah, Andi. (2013) Konsep Dasar Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Alauddin University Press.

Hasrianti, Andi. 2021 ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM KARANGAN SISWA. Jurnal Onoma, Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume. 7, Nomor. 1

Kuspitasari, Endah Septiana (2013). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Diponegoro 8 Rowalo. Purwokerto: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMP.

Puspitasari, Yeti. (2014). Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Jakarta: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Salam, S. S., Sumardi, S., & Hodidjah, H. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Tanya dan Tanda Baca Titik Pada Teks Dialog Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 168-175.

Tanenji, T., & Sholikhah, H. A. (2017). Kesalahan Penulisan Pada Siswa Tingkat Dasar: Analisis Isi pada Karangan Siswa MI Nurul Falah OKI Sumsel. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(2), 193-205. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php /jip/article/view/1652

Downloads

Published

2023-09-07