Perancangan Game Matematika Dengan Metode Design Thinking

Studi Kasus : SDN 1 Cupang

Penulis

  • Devi Indriawati
  • Fajar Darmawan

Kata Kunci:

Design Thinking, Game Pembelajaran, Matematika, SD kelas 1

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan game media bantu pembelajaran mata Pelajaran matematika, Dimana studi kasus yang dipilih adalah materi pembelajaran matematika pada Tingkat kelas 1 SD. Design Thinking adalah metode perancangan yang mengutamakan kebutuhan suatu masalah, solusi masalah tersebut berpusat pada manusia. Dimana terdapat lima tahapan dalam Design Thinking seperti Emphatize yaitu tahapan untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna dan permasalahannya, tahapan define yaitu tahapan mendefinisikan kebutuhan pengguna berdasarkan hasil tahapan sebelumnya, tahapan ideate yaitu tahapan untuk menuangkan ide-ide pemecahan masalah, tahapan prototype yaitu tahapan pembuatan purwarupa awal penuangan ide dari hasil tahapan sebelumnya, dan tahapan test yaitu pengujian purwarupa awal yang dilakukan oleh pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototipe game yang dikembangkan menggunakan aplikasi Scratch, dan difokuskan pada siswa kelas 1 SD. Dengan pendekatan inovatif ini, diharapkan siswa akan mendapatkan suasana baru dalam belajar yaitu dunia game yang sudah dekat dengan siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-07-27