Perancangan Game Matematika Dengan Metode Design Thinking
Studi Kasus : SDN 1 Cupang
Kata Kunci:
Design Thinking, Game Pembelajaran, Matematika, SD kelas 1Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan game media bantu pembelajaran mata Pelajaran matematika, Dimana studi kasus yang dipilih adalah materi pembelajaran matematika pada Tingkat kelas 1 SD. Design Thinking adalah metode perancangan yang mengutamakan kebutuhan suatu masalah, solusi masalah tersebut berpusat pada manusia. Dimana terdapat lima tahapan dalam Design Thinking seperti Emphatize yaitu tahapan untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna dan permasalahannya, tahapan define yaitu tahapan mendefinisikan kebutuhan pengguna berdasarkan hasil tahapan sebelumnya, tahapan ideate yaitu tahapan untuk menuangkan ide-ide pemecahan masalah, tahapan prototype yaitu tahapan pembuatan purwarupa awal penuangan ide dari hasil tahapan sebelumnya, dan tahapan test yaitu pengujian purwarupa awal yang dilakukan oleh pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototipe game yang dikembangkan menggunakan aplikasi Scratch, dan difokuskan pada siswa kelas 1 SD. Dengan pendekatan inovatif ini, diharapkan siswa akan mendapatkan suasana baru dalam belajar yaitu dunia game yang sudah dekat dengan siswa.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2025-07-27
Terbitan
Bagian
Articles