https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/issue/feed JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA 2024-02-03T21:33:27+07:00 Caca E Supriyana caca.e.supriana@unpas.ac.id Open Journal Systems <p>PasInformatika kependekan dari Pasundan Informatika diambil dari nama Program Studi, yaitu Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan, <br />Prodi yang menaungi jurnal penelitian ini,</p> <p>JURNAL yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan, terbit dua kali setahun, bertujuan menjadi wadah PUBLIKASI ILMIAH dari penelitian bidang Teknik Informatika.</p> <p>Jurnal menjadi wadah publikasi gagasan orisinil dan hasil penelitian bidang informatika/ilmu komputer yang meliputi Artificial Intelligence, Software Engineering, Computer Networking &amp; Security, Datawarehouse &amp; Datamining, Enterprise System (SCM, ERP, CRM), Human Computer &amp; Interaction, Image Processing, Information Retrieval, Information System, Mobile Computing &amp; Application, Multimedia System, Data Science dan lain-lain.</p> <p>Hasil penelitian ini sebagai media penyebaran ide, kreatifitas dan pengembangan keilmuan terkini bidang keinformatikaan yang akan meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan ditingkat regional dan nasional.</p> https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/12545 Evaluasi UI/UX Aplikasi Web Deteksi Kecurangan Ujian Online Berbasis Video Dengan Sistem Usability Scale 2024-02-03T21:33:27+07:00 Salsabila Nada Adzani 193040050@mail.unpas.ac.id Erik erik@unpas.ac.id Sandhika Galih Amalga sandhikagalih@unpas.ac.id <p>Ujian adalah elemen penting dalam sistem pendidikan untuk mengukur kompetensi siswa. Namun, masalah kecurangan dalam ujian masih menjadi permasalahan yang sering terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi web deteksi kecurangan ujian berbasis video dengan pendekatan metode Design Thinking dan pengujian dengan menggunakan Usability Scale. Dalam perancangan UI/UX aplikasi ini, fokus diberikan pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna. UI dirancang agar mudah dimengerti dengan tata letak yang intuitif, navigasi yang jelas, dan elemen visual yang efektif. Sementara itu, UX memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi jenis kecurangan dan memberikan rekomendasi tindakan yang harus diambil. Design Thinking digunakan sebagai kerangka kerja utama dalam merancang solusi ini. Pengujian dilakukan menggunakan Maze guna mengevaluasi usability aplikasi. Hasil pengukuran usability menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah iterasi desain. Skor SUS meningkat dari 60 (kategorinya "marginal") pada low-fi prototype menjadi 70 (kategorinya mendekati "good") pada hi-fi prototype. Ini mengindikasikan bahwa aplikasi berhasil meningkatkan pengalaman pengguna dan dapat menjadi solusi efektif untuk mengurangi kecurangan dalam ujian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pengujian dengan metode Usabily Scale Design Thinking telah berhasil diterapkan dalam merancang UI/UX aplikasi deteksi kecurangan ujian berbasis video. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil meningkatkan usability dan kepuasan pengguna. Dengan demikian, aplikasi ini memiliki potensi untuk membantu lembaga pendidikan meminimalkan risiko kecurangan dalam ujian dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.</p> 2024-02-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/12465 Perancangan Antarmuka Web Rekrutmen Karyawan Menggunakan Design Thinking 2024-01-27T22:36:17+07:00 Yanida Nur Sabila W.S 193040022.yanida@mail.unpas.ac.id Fajar Darmawan fajar.if@unpas.ac.id <p>PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Noodle Bandung bergerak dalam bidang Consummer Goods, yang memiliki tujuan untuk membuat produk konsumsi yang baik. Dimana untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang baik juga tentunya, tetapi dalam performansi masih mengalami kesulitan. Jumlah pelamar yang banyak dapat menimbulkan lamanya penyeleksian terhadap berkas lamaran yang dikirimkan. Hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah diantaranya data pelamar yang menumpuk, mudah hilang maupun rusak, maka akan diperlukan waktu yang lama dalam penyeleksian karyawan baru.Penelitian dilakukan menggunakan metode Design Thinking yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyaman pengguna di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Noodle Bandung. Perancangan dilakukan dengan lima tahapan yaitu empathise, define, ideate, prototype, test. Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah menghasilkan high-fidelity prototipe berupa rancangan antarmuka untuk aplikasi rekrutmen karyawan yang dapat diakses dari mana saja dan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyaman pengguna di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Noodle Bandung.</p> 2024-01-27T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/12463 Perancangan Kelompok Kerja Mahasiswa Pada Program Studi Informatika Menggunakan Work System Method 2024-01-27T22:18:08+07:00 Caca E Supriana caca.e.supriana@unpas.ac.id <p>Pendidikan informatika bertujuan untuk mempelajari aplikasi komputer, sistem dan jaringan berdasarkan ilmu informasi dan ilmu komputer, secara khusus menangani persinggungan bidang-bidang keilmuan tersebut. Informatika memiliki kumpulan konsep, teori, prinsip, metode, kumpulan ilmu pengetahuan, dan permasalahan tertentu yang melalui metode keilmuan dan perkembangan teknologi, informatika telah membawa perubahan transformasional di berbagai sektor. Bidang informatika memainkan peran penting dalam setiap aspek masyarakat, menantang dan mempengaruhi semua profesi, disiplin ilmu, dan pendidikan. Kontribusi informatika terhadap pembangunan ekonomi telah diakui secara luas dan telah memungkinkan kemajuan dan penelitian baru di banyak disiplin ilmu. Pendidikan pada program studi informatika harus mampu membekali mahasiswa dan lulusannya dengan hard skill terkait penguasaan teknologi informasi dan komputer terkini serta soft skill untuk menunjang pengembangan karirnya di masyarakat. Salah satu soft skill yang wajib diajarkan kepada mahasiswa adalah kerjasama tim, kemampuan ini akan sangat berguna dalam menyelesaikan tugas kuliah, berguna dalam persaingan pasar kerja, kemampuan yang akan memberikan kontribusi pada kelompok di perguruan tinggi dan perusahaan dalam berkarir atau bekerja. Keterampilan kelompok kerja mahasiswa akan mencakup kegiatan kolaborasi, komunikasi, koordinasi dan interaksi dalam menyelesaikan tugas atau masalah tertentu. Penelitian ini akan menghasilkan analisis, model dan rekomendasi menggunakan metode sistem kerja dalam merancang kerjasama tim mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill yang baik. Identifikasi faktor dan proses yang harus diperhitungkan dalam desain kerja tim. Penelitian ini juga akan menggunakan siklus hidup sistem kerja untuk menganalisis dan mengidentifikasi tahapan desain dan mengantisipasi peluang yang akan meningkatkan proses dalam merancang kelompok kerja mahasiswa.</p> 2024-01-27T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/12466 Rancang Ulang Aplikasi Marketplace Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design (UCD) 2024-01-27T22:45:04+07:00 Nadia Rutbah Hardimura Hardimura.183040068@mail.unpas.ac.id Leony Lidya leony.lidya@unpas.ac.id Fajar Darmawan fajar.if@unpas.ac.id <p>Pasar Ujung berung merupakan salah satu pasar tradisional yang terdapat di kota Bandung. Dimana dengan era dijital yang merupakan dampak dari pandemi Covid-19, para pedagang harus bersaing dengan para penjual yang menjajaki barang dagangannya melalui media internet. Marketplace merupakan salah satu opsi yang bisa ditawarkan, hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan pada rancangan versi sebelumnya. Rancang ulang marketplace pasar tradisional ini dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada versi sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi User Centered Design (UCD), dimana dalam pelaksanaannya dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu diawali dengan identifikasi masalah, pengumpulan data dengan melakukan pengukuran usability pada rancangan sebelumnya dan disertai dengan wawancara terhadap pihak-pihak terlibat, lalu tahap analisis kebutuhan, perancangan antarmuka yang terbaru, disertai dengan tahapan pengujian menggunakan usability testing. Penelitian ini menghasilkan rancangan tampilan baru dari aplikasi marketplace pasar berbasis mobile, yang akan lebih sesuai dengan karakteristik pengguna karena menggunakan pendekatan UCD.</p> 2024-01-27T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/12464 Perancangan Cloud Server Berbasis Infrastruktur As A Service Menggunakan Openstack di PT Lintas Media Danawa 2024-01-27T22:27:08+07:00 Yusuf Eko Winarto yusufeko@mail.unpas.ac.id Miftahul Fadli Muttaqin miftahulfadli@unpas.ac.id Doddy Ferdiansyah doddy@unpas.ac.id <p>Teknologi cloud computing hadir sebagai neoparadigma layanan teknologi informasi yang konvergen dan fleksibel serta dapat diakses melalui internet. Salah satu layanan cloud computing adalah infrastructure as a service yang menyediakan infrastruktur teknologi informasi yaitu perangkat keras komputer secara virtual. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam domain teknologi informasi berupaya untuk menghadirkan layanan teknologi informasi, salah satunya yaitu cloud computing yang telah digunakan oleh banyak individu dan telah diadopsi oleh banyak organisasi. PT Lintas Media Danawa merupakan perusahaan yang berkiprah di industri teknologi informasi untuk memberikan solusi berbasis teknologi informasi terhadap berbagai kebutuhan melalui layanan yang ditawarkan kepada pelanggan yaitu cloud computing berbasis infrastructure as a service. PT Lintas Media Danawa berencana untuk melakukan pembaharuan perangkat keras cloud server dan melakukan migrasi platform cloud computing ke OpenStack. Oleh karena itu, penelitian akan melakukan perancangan cloud server berbasis infrastructure as a service menggunakan OpenStack di PT Lintas Media Danawa untuk PT Lintas Media Danawa melakukan pembaharuan perangkat keras cloud server dan melakukan migrasi platform cloud computing ke OpenStack. Berdasarkan perancangan cloud server berbasis infrastructure as a service menggunakan OpenStack di PT Lintas Media Danawa yang telah dilakukan, maka didapatkan kesimpulan yaitu cloud server berbasis infrastructure as a service menggunakan OpenStack telah berhasil dirancang dan telah melalui pengujian sehingga dapat diimplementasikan oleh PT Lintas Media Danawa.</p> 2024-01-27T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/12462 Perancangan Aplikasi Penggajian Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Unified Process 2024-01-27T22:06:20+07:00 Renal Mutaqin 193040037.renal@mail.unpas.ac.id Ayi Purbasari pbasari@unpas.ac.id Ade Sukendar ade.sukendar@unpas.ac.id <p>Penelitian tugas akhir ini bertujuan merancang aplikasi penggajian berbasis web untuk Fakultas Hukum Universitas Pasundan. Tim peneliti, terdiri dari tiga anggota, berfokus pada analisis dan perancangan aplikasi, pengembangan front-end dan pengembangan back-end. Metode Unified Process digunakan untuk mendukung pendekatan iteratif dan incremental dalam proses pengembangan. Penelitian ini terfokus pada analisis dan perancangan, menghasilkan 15 use case yang dibagi kedalam 2 elaboration. elaboration pertama menitikberatkan pada fitur inti, seperti pengelolaan data dosen, karyawan, dan gaji. Elaboration kedua melibatkan fitur tambahan, seperti pencetakan slip gaji dan merekapitulasi laporan. Penerapan Metode Unified Process berhasil menciptakan rancangan aplikasi sesuai kebutuhan dan harapan pengguna. Evaluasi pengujian usability menunjukkan penilaian "Sangat Baik" untuk learnability dan efficiency, sementara aspek memorability, errors, dan satisfaction mendapat penilaian "Baik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi penggajian berbasis web ini dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko kesalahan, dan memberikan kemudahan akses pengguna dari berbagai perangkat. Dengan demikian, tugas akhir ini memberikan kontribusi yang baik pada perancangan perangkat lunak di Fakultas Hukum Universitas Pasundan.</p> 2024-01-27T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA