Model UTAUT Untuk Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning di Perguruan Tinggi : Kajian Literatur

Penulis

  • Sali Alas Majapahit

Kata Kunci:

model UTAUT, evaluasi penerimaan e-learning, perguruan tinggi

Abstrak

Kualitas implementasi sistem akan selalu berhubungan dengan tingkat penerimaan penggunanya, baik secara sukarela maupun tidak. Sampai saat ini pemanfaatan sistem dan aplikasi e-learning di organisasi pendidikan sudah banyak. Namun sejauh mana tingkat penerimaan penggunanya masih memerlukan suatu penelitian tersendiri. Pendekatan evaluasi yang dilakukan harus mampu menyelidiki faktor-faktor penentu penerimaan e-learning secara tepat. Selain itu diperlukan pengetahuan tentang karakteristik implementasi e-learning disejumlah perguruan tinggi serta menggali persoalan yang muncul. Model unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) adalah sebuah model penerimaan teknologi yang tepat digunakan sebagai model evaluasi e-learning. Model evaluasi penerimaan e-learning dapat dilakukan dengan menekankan pada empat kunci konstruk dari UTAUT, yaitu: harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas terhadap niat untuk menerima e-learning. Studi ini merupakan studi awal yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam perumusan kebijakan mengenai implementasi dan pengembangan e-learning yang berkelanjutan di Perguruan Tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-03-09