Strategi Publisitas Capres Anies Baswedan Melalui Instagram Pribadinya Jelang Pemilihan Presiden 2024

Authors

  • FERDI SETIAWAN MAHASISWA MAGISTER ILMU KOMUNIKASI POLITIK UNIVERSITAS PARAMADINA JAKARTA
  • Raden Roro Alfani Aulia
  • Rifyan Ridwan Saleh

Keywords:

Strategi, publisitas, Instagram, Anies Baswedan, pemilihan presiden.

Abstract

Pemilihan presiden tahun 2024 di Indonesia diprediksi akan menjadi pesta demokrasi yangsangat penting dan menarik perhatian masyarakat. Dalam konteks tersebut, strategi publisitaspolitik dianggap sebagai salah satu elemen untuk meningkatkan popularitas seorang kandidatcalon Presiden. Penelitian berjudul “Strategi Publisitas Calon Presiden Anies Baswedanmelalui Intagram Pribadinya menjelang Pemilihan Presiden 2024” bertujuan untukmenganalisis strategi publisitas yang diterapkan oleh bakal calon presiden Anies Baswedan diInstagram @aniesbaswedan dalam mempersiapkan dirinya untuk pemilihan presiden tahun2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan basis data sekundermelalui analisis dokumen dan data primer melalui wawancara mendalam. Analisis datadilakukan dengan menggunakan metode analisis isi untuk mengidentifikasi tema-tema penting dan pola-pola publisitas yang ada di konten dan postingan di Instagram @aniesbawsedan sertawawancara dengan juru bicara Anies Baswedan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategipublisitas Anies Baswedan di Instagram pribadinya efektif dan dinilai baik untukmempromosikan dirinya dan membangun citra positif jelang pemilihan Presiden 2024. Strategipublisitas Anies di media sosial meliputi penggunaan Instragam @aniesbaswedan yangmenampilkan semua kegiatan Anies saat menyapa masyarakat, sosialisasi keliling, dialog atauketerlibatan masyarakat dalam program-program serta memuat rekam jejak dan gagasannyasebagai bakal calon Presiden 2024. Dalam konteks pemasaran politik, strategi publisitas politikini sangat penting untuk meraih simpati dan dukungan dari masyarakat sebagai pemilih. Olehkarena itu, penelitian ini membahas bagaimana strategi publisitas yang diterapkan oleh AniesBaswedan di media sosial Instagram dapat membantu meningkatkan popularitas, danakseptabilitas dirinya memenangkan pemilihan presiden tahun 2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution: 26 Kuat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Heryanto, Gun Gun. 2018a. Media Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.

Heryanto, Gun Gun. 2018b. Problematika Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.

Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lesly, P. (2003). Everything You Wanted to Know about Public Relations. Singapore: Probus Publishing Company

Mulyana, Dedy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu

Prajarto, N 2008, “Efektivitas Publisitas Menilai Reputasi Institusi”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.6, No.1, April 2008, hlm 75-81.

Ramacitti, D. F. (1990). Do It Yourself Publicity. New York: AMACOM

Wilcox, Nolte and Lawrence W, Dennis L, Effective Publicity, John Wiley and Sonc Inc, Canada, 1984.

WEBSITE

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/557927/popularitas-anies-baswedan-konsisten-naik-sejak-oktober-2020

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221024154243-617-864669/anies-paling-populer-di-medsos-jauh-ungguli-ganjar-dan-prabowo

https://pers.droneemprit.id/

https://www.rumahmedia.com/insights/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai 191-juta-pada-2022

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Https:kabar24.bisnis.com

Https:lipi.go.id.

Published

2024-12-30