Author Guidliness

Naskah merupakan karya ilmiah asli yang berpotensi mendukung pengembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan yang sangat tinggi baik sebagai hasil penelitian maupun kajian konseptual dalam ilmu sosial politik yang belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam pengiriman ke media publikasi lain.

Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan Panjang naskah minimal 5000 kata,  ditulis dalam Format MS Word, Times New Roman 12Pt dan disusun berdasarkan urutan sebagai berikut:

a. Judul

Judul harus menggambarkan isi utama naskah, informatif, ringkas, dan tidak terlalu bertele-tele (12-15 kata)

b. Nama Penulis

Nama lengkap tanpa gelar dan gelar akademik, termasuk untuk naskah yang ditulis oleh tim perlu dilengkapi dengan rincian kontak lengkap

c. Nama afiliasi untuk masing-masing penulis

Nama penulis harus disertai dengan alamat afiliasi lengkap, nomor kode pos, nomor telepon, dan alamat email.

d. Abstrak

Abstrak merupakan rangkuman seluruh konten artikel. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, atau ditulis bahasa Indonesia jika naskah ditulis dalam bahasa Inggris. Panjang abstrak disarankan sekitar 200 hingga 250 kata yang menggambarkan penelitian yang dilakukan secara eksplisit dengan kalimat yang lugas dan jelas, mencakup: Permasalahan pokok, maksud/tujuan, metode, hasil dan prosprek, tidak dalam bentuk pertanyaan dan dugaan, serta tanpa ada acuan pada daftar pustaka. Artikel yang ditulis tidak mengacu kepad gaya selingkung ini tidak dapat diterbitkan pada jurnal ini, walaupun kontennya telah memenuhi syarat untuk dipublikasikan. (Times New Roman, 12pt, single line spacing, italic).

e. Kata kunci

Tuliskan 3 samapai 5 kata atau frasa yang mengandung pengertian suatu konsep dan mengandung cukup informasi untuk indeks dan membantu dalam penelusuran. Urutan disusun berdasarkan alphabet dan dipisahkan dengan tanda koma. (Times New Roman, 10pt, single line spacing, italic).

f.  Pendahuluan

Menjelaskan Latar  belakang, masalah,   dan fenomena antara lain mencakup permasalahan aktual yang penting untuk  diteliti, ditinjau/diulas, dan dikaji serta alasan ilmiah atau representasi teori termasuk temuan sebelumnya yang perlu dikembangkan, dan diakhiri dengan paragraf tujuan penelitian.

g. Metode

Metode mencakup uraian dan penjelasan yang didasari karakteristik keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis dengan sasaran hasil penelitian yang mutakhir, termasuk alat analisis. Penjelasan metode cukup terperinci, sehingga metode penelitian yang digunakan dapat diulangi (repeatability).

h. Hasil dan Diskusi

Merupakan bagian yang menyajikan bagian data dan infornasi hasil analisis/penelaahan, serta perbandingan dan sistesis hasil penelitian berdasarkan pemikiran mutakhir yang diperoleh dari kepustakaan. Hasil dan pembahasan memuat gambaran yang jelas tentang kajian atau hasil penelitian yang dikaitkan dengan rumusan masalah serta hasil penelitian sejenis yang telah dipublikasikan sebelumnya. Diskusi mengenai hasil kajian atau penelitian diuraikan pada bagian ini dan Pada umumnya bagian ini juga menyajikan informasi yang didukung oleh tabel, gambar, foto, maupun grafik.

i. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan bagian akhir naskah yang diperoleh dari hasil analisis dan pembahasan atau hasil uji hipotesis tentang fenomena yang diteliti. Kesimpulan disajikan dalam satu paragraf tanpa bentuk ekspresi numerik yang juga mampu menjelaskan kontribusi riset Anda pada sains.

j. Pengakuan

Pengakuan terhadap kontributor termasuk sumber pendanaan seperti hibah (jika ada)

k. Referensi

Referensi atau Daftar acuan memiliki pengertian bahwa hanya yang diacu yang dimasukkan di dalamnya. Naskah ditulis dengan menggunakan aplikasi kutipan standar (Mendeley/Endnote/ Zotero). Gaya referensi APA (American Psychological Association) diperlukan. referensi harus terdaftar dalam urutan abjad. Kurang lebih 80% referensi untuk tinjauan pustaka adalah jurnal terbaru (terkini) yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir, tetapi sisa 20% referensi dapat dikutip dari laporan penelitian dan atau artikel.