HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI SEKOLAH ARVARDIA BANDUNG

  • Almadina Rakhmaniar FISIP UNPAS

Abstract

Permasalahan pendidikan yang terjadi melalui pembelajaran jarak jauh sangat berdampak bagi orang tua dan perkembangan anak, khususnya anak usia dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dengan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa pada pembelajaran jarak jauh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sekolah Arvardia Bandung. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 60 orangtua siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling, berupa simple random sampling dengan ukuran sampel sebanyak 30 orang tua siswa PAUD Sekolah Arvardia Bandung. Peneliti melakukan pengumpulan data kepada anggota sampel yang telah ditetapkan (responden) menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner, dilakukan secara online menggunakan google form yang disebarkan melalui bantuan aplikasi whatsapp. Analisis data statistik yang digunakan adalah analisis korelasi sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sekolah Arvardia Bandung, terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dengan prestasi akademik siswa pada pembelajaran jarak jauh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sekolah Arvardia Bandung, serta terdapat hubungan komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dengan motivasi belajar dan prestasi akademik pada pembelajaran jarak jauh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sekolah Arvardia Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2021
How to Cite
RAKHMANIAR, Almadina. HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI SEKOLAH ARVARDIA BANDUNG. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 121 - 138, dec. 2021. ISSN 2579-3888. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/paradigmapolistaat/article/view/3495>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v4i2.3495.