PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI MEDIA SOSIAL (STUDI DESKRIPTIF TINGKAT DAN POLA POLITIK PARTISIPATIF GEN-Z KOTA YOGYAKARTA MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI INSTAGRAM TAHUN 2019)

Authors

  • Al Musa Karim Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Adi Wibawa Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Puguh Toko Arisanto Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v3i2.3093

Keywords:

Gen-Z, Political Culture, Participatory Politics, Beginner Voters, Yogyakarta.

Abstract

Abstract Gen-Z that can hardly be separated from social media in their daily activities is categorized as a group of beginner voters and has the potential to be exposed to political content on social media in the midst of the Indonesia election 2019. In the context of Indonesia election 2019, Gen-Z in the province of Yogyakarta faces long-running currents of local political culture and national political culture. The local political culture tends to be calmer in the context of the political situation and on the other hand, a national political culture seems boisterous, especially in the online world that is abundant on political content flows on social media, both positive and negative. This research seeks to see how the level and pattern of participatory politics of Gen-Z confronted with flows of local and national political culture through Instagram in the city of Yogyakarta. This research uses a case study method applying two stages of data collection and analysis. The first stage uses the survey method to 160 respondents and the second stage uses the interview method to 10 respondents selected from the results of the first stage. The results showed that Gen-Z's level of participatory politics was still low which was marked by forms of responses that tended to be passive towards political content and voluntary awareness to follow political content but had yet to reach the stage of sharing political content.   Keywords: Gen-Z, Political Culture, Participatory Politics, Beginner Voters, Yogyakarta.   Abstrak Gen-Z sebagai generasi yang tidak bisa dipisahkan dari media sosial dikategorikan sebagai kelompok pemilih pemula dan sangat berpotensi terpapar konten-konten politik di media sosial di tengah kontestasi pemilu 2019. Dalam konteks pemilu 2019, Gen-Z di wilayah provinsi Yogyakarta dihadapkan pada arus budaya politik lokal yang telah lama berkembang dan budaya politik nasional. Budaya politik lokal yang cenderung lebih tenang dalam konteks situasi politik dan di sisi lain, budaya politik nasional yang riuh terutama di ranah online serta penuh dengan arus konten-konten politik di media sosial, baik bernada positif maupun yang bernada negatif. Penelitian ini berupaya untuk melihat bagaimana tingkat dan pola politik partisipatif Gen-Z dihadapkan pada arus budaya politik lokal dan nasional melalui aplikasi Instagram di lingkungan Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan dua tahapan pengumpulan dan analisis data. Tahapan pertama menggunakan metode survei kepada 160 responden dan tahapan kedua menggunakan metode wawancara kepada 10 responden yang dipilih dari hasil tahap pertama. Hasil penelitian menunjukkan tingkat politik partisipatif Gen-Z yang masih rendah yang ditandai dengan bentuk-bentuk respon yang cenderung pasif terhadap konten-konten politik serta kesadaran yang bersifat voluntary untuk mengikuti konten-konten politik namun belum sampai pada tahap berbagi konten politik. Kata Kunci: Gen-Z, Budaya Politik, Politik Partisipatif, Pemilih Pemula, Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Almond, G., A. & Verba, S. (1984). Budaya Politik: Tingkah-laku Politik dan Demokrasi di Lima Negara, Jakarta: Bina Aksara.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia: Survei 2017.

Budiarjo, Miriam. (2010). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cohen, C.J & Kahne, J. (2011). Participatory Politics: New Media and Youth Political Action, Youth & Participatory Politics Survey Project, 2011, hal.8.

Creswell, J., W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Fourth Edition (4th). California: Sage Publications.

Fauzi, Muhammad Oky. (2017). Media Sosial Dan Partisipasi Politik (Studi Tentang Partisipasi Politik Pemilih Pemula Melalui Media Sosial Pada Pemilukada Kota Yogyakarta Tahun 2017), Skripsi Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Gerodimos, Roman & Jakup Justinussen. (2014). Obama’s 2012 Facebook Campaign: Political Communication in the Age of the Like Button, Journal of Information Technology and Politics 00:1-20.

Jati, Wasisto Raharjo. (2012). Kultur Birokrasi Patrimonialisme Dalam Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Borneo Administrator, Vol. 8, No. 08 hal. 145-160

Katadata. (2019). Survei LSI: KPK dan Presiden Jadi Lembaga yang Paling Dipercaya Publik. <https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/30/survei-lsi-kpk-dan-presiden-jadi-lembaga-yang-paling-dipercaya-publik> diunduh 18/8/2020

McNair, B. (2016) Pengantar Komunikasi Politik: An introduction to Political Communication, Bandung: Nusa Media.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa, Salemba Humanika, Jakarta.

Morissan. (2016). Tingkat Partisipasi Politik Dan Sosial Generasi Muda Pengguna Media Sosial. Jurnal Visi Komunikasi, Vol.5, No.01 hal. 96-113.

Perangin-angin, Loina Lalolo Krina dan Munawaroh Zainal. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Bingkai Jejaring Sosial di Media Sosial. Jurnal ASPIKOM, Volume 3 Nomor 4, Januari. hlm 737-754.

Republika. (2018) LSI: Pilkada 2018 adalah Politik Media Sosial. <https://www.republika.co.id/berita/nasional/pilkada/18/01/08/p28lvo428-lsi-pilkada-2018-adalah-politik-media-sosial> diunduh tanggal 4/8/2018

Swedlow, B. (2013). Encyclopedia of Modern Political Thought, Chapter: Political Culture, Editor: Gregory Claeys, CQ Press. hal. 624-625.

Tirto. (2019). Jokowi dan Prabowo dalam Bingkai Hoaks Pilpres 2019

<https://tirto.id/jokowi-dan-prabowo-dalam-bingkai-hoaks-pilpres-2019-dl83>

Utomo, W.P. (2013). Menimbang Media Sosial dalam Marketing Politik di Indonesia: Belajar dari Jokowi-Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2012. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 17, No. 01, Juli, hal. 67-84.

Wearesocial. (2018). The State of Social Media and Messaging In Asia Pacific: Trends and Statistics.

Wearesocial. (2019). Hootsuite Wearesocial: Indonesian Digital Report 2019.

Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-12-30