Layanan Perpustakaan Inklusif Bagi Disabilitas Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
Keywords:
Pelayanan Inklusif, Penyandang Disabilitas, Sumber Daya ManusiaAbstract
Layanan inklusif di perpustakaan merupakan bentuk upaya untuk menjamin pemerataan aksesinformasi bagi semua lapisan masyarakat khususnya penyandang disabilitas. Dinas Perpustakaandan Kearsipan Jatim berupaya menyelenggarakan pelayanan publik yang diperuntukkan bagikelompok rentan sesuai PERMENPAN RB No. 11 tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui implementasi pelayanan inklusif bagi penyandang disabilitas di Dinas Perpustakaan danKearsipan Provinsi Jawa Timur (Disperpusip Jatim) berdasarkan lima aspek penyelenggaraanpelayanan publik ramah kelompok rentan yang diatur dalam PERMENPAN RB No. 11 Tahun 2024.Kelima aspek tersebut mencakup kebijakan dan kepemimpinan, aksesibilitas fisik, aksesibilitasinformasi dan komunikasi, akomodasi yang layak, sumber daya manusia. Hasil kajian inimenggunakan pendekatan kualitatif menggunakan studi literatur yang menunjukkan komitmen danpengimplementasian Disperpusip Jatim dalam mewujudkan Perpustakaan ramah disabilitas sudahmencukupi kebutuhan penyandang disabilias berdasarkan PERMENPAN RB No. 11 Tahun 2024.Meskipun Disperpusip Jatim telah berupaya menyediakan layanan inklusif, beberapa kendala masihditemukan seperti belum tersedianya fasilitas lift yang memadai untuk pengunjung denganketerbatasan mobilitas, masih kurangnya penggunaan subtitle pada video di media sosial resmiInstagram Disperpusip Jatim yang menyulitkan pengguna disabilitas, termasuk pengoprasianfasilitas di ruang baca khusus disabilitas. Kajian ini menunjukkan perlunya peningkatan fasilitas,pelatihan sumber daya manusia, dan optimalisasi media digital untuk mendukung pelayanan inklusifyang lebih baik.Downloads
References
Agung Pratama, B., Sinaga, D., & Lies Siti Khadijah, U. (2024). Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Inklusif Bagi Pemustaka Tunanetra Di Perpustakaan Umum Cikini Jakarta. 3(4). https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04
Alam, U. M. (2024). Kemenko PMK Mendukung Penuh Pelayanan Publik Inklusif dan Ramah Kelompok Rentan. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/kemenko-pmk-mendukung-penuh-pelayanan-publik-inklusif-dan-ramah-kelompok-rentan
Chaputula, A. H., & Mapulanga, P. (2017). Provision of library services to people with disabilities in Malawi. South African Journal of Libraries and Information Science, 82(2). https://doi.org/10.7553/82-2-1619
Cruz, A. M. (2019). Intentional integration of diversity ideals in academic libraries: A literature review. Dalam The Journal of Academic Librarianship, 45(3), 220–227. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.02.011.
Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. (2023). Sekdaprov Jatim : Kegiatan Rangkaian Tim Lintas Batas Disabilitas akan Diadakan Setiap Tahun. Kominfo Jatim. https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/sekdaprov-jatim-kegiatan-rangkaian-tim-lintas-batas-disabilitas-akan-diadakan-setiap-tahun
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. (2024, August 13). Disperpusip Jatim Kenalkan Inovasi Layanan Perpustakaan Mobil “Lestari.” Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. https://disperpusip.jatimprov.go.id/2024/08/13/disperpusip-jatim-kenalkan-inovasi-layanan-perpustakaan-mobil-lestari/
Hayati, N. H. (2019). PEMENUHAN HAK AKSESIBILITAS FASILITAS PENYANDANG DISABILITAS PADA BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN SUKOHARJO. In Res Publica (Vol. 3, Issue 3).
KEMENKO PMK. (2023). Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia. KEMENKO PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-penuhi-hak-penyandang-disabilitas-di-indonesia
Mardalis. (2014). Metode Penelitian : Suatu Pendekatan Proposal Mardalis (Cet. 13, Januari). PT Bumi Aksara. https://lib.atim.ac.id/opac/detail-opac?id=3297
Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. Alfabeta. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=49210&pRegionCode=UNTAGSBY&pClientId=712
Pasolong, H. (2013). Teori administrasi publik (Cet. 5). Alfabeta. https://www.scribd.com/document/596579214/teori-administrasi-publik
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. (2024). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan (PERMENPAN RB Nomor 11 Tahun 2024).
Persetujuan Bersama, D. (2007). DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA dan PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.
Rahmadana, M. F., Siagian, A. T. M. N., & Refelino, M. A. P. J. (2020). Pelayanan Publik (J. Simarmata, Ed.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Setiawan, A., Sembiring, R. A., & Six Maria, W. (2019). Layanan Pojok Braille Dalam Meningkatkan Literasi Baca Bagi Disabilitas Netra Di Kota Malang.
Silvia Pramashela, F., & Abdul Rachim, H. (2021). AKSESIBILITAS PELAYANAN PUBLIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI INDONESIA. In Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial e (Vol. 4, Issue 2).
Tim Humas Perpustakaan Nasional RI. (2021, March 23). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://www.perpusnas.go.id/berita/transformasi-perpustakaan-berbasis-inklusi-sosial-
Usman, U., & Narani, S. (2020). Pengelolaan Perpustakaan Madrasah di Kota Palangka Raya (Studi terhadap Upaya Madrasah Menjadikan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar dan Bagian dari Sistem Pengajaran). Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 4(1), 79–110. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i1.79-110
Woro Titi Haryanti. (2019). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(2). https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.728