Kontribusi Boy Group Nct 127 Dalam Menyebarkan Konsep Soft Masculinity Di Indonesia Pada Tahun 2019- 2021

Authors

  • Marsya Salsabila Zahra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Musa Maliki Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Asep Kamaluddin N. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

Budaya K-Pop, NCT 127, Soft Masculinity, Konsep Maskulinitas Gender di Indonesia

Abstract

Hubungan Internasional adalah bidang yang sering mereproduksi dan mempertahankanmaskulinitas, yang biasanya direpresentasikan melalui karakteristik fisik dan kekuasaan. Namun,budaya populer kini memainkan peran signifikan dalam membentuk representasi identitas gender.Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial, konsep feminisme postmodern, konsep budayapopuler, dan konsep soft masculinity sebagai kerangka analisis. Penelitian ini bersifat deskriptifkualitatif, dengan metode wawancara dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa narasumber mengamati adanya konstruksi sosial yang berbeda dimasyarakat Indonesia terkait fenomena soft masculinity, yang dipengaruhi oleh interaksi merekadengan budaya K-Pop Korea Selatan, khususnya melalui tindakan NCT 127. Dari analisis jawabanresponden, dapat disimpulkan bahwa aspek fisik, visual, kepribadian, dan perilaku NCT 127memberikan pandangan baru terhadap konsep maskulinitas. Kesenjangan konsep gender antaraIndonesia dan Korea Selatan cukup besar, sehingga tampilan soft masculinity yang dibawakan olehNCT 127 dianggap sebagai hal yang tidak biasa di Indonesia, dan menawarkan perspektif barumengenai maskulinitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aistrope, T. (2020). Popular culture, the body and world politics. European Journal of International Relations Vol. 26, Issue 1, 163-186.

Brown, A. M., & Ismail, K. J. (2019). Feminist Theorizing of Men and Masculinity: Applying Feminist Perspectives to Advance College Men and Masculinities Praxis. Thresholds Volume 42, Issue 1, 17-35.

Caso, F., & Hamilton, C. (2015). Popular Culture and World Politics: Theories, Methods, Pedagogies. Bristol: E-International Relations.

Chandra, A., & Soetjipto, A. W. (2021). Fashion, Feminisme dan Hubungan Internasional: Perdebatan dalam Literatur. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 17(1), 17-29.

Clapton, W., & Shepherd, L. J. (2017). Lessons from Westeros: Gender and power in Game of Thrones. Politics Vol. 37(1), 5-18.

Hooper, C. (2001). Masculinities in International Relations. In C. Hooper, Manly States: Masculinities, International Relations, and Gender Politics (pp. 79-116). New York: Columbia University Press.

Hutchison, E. (2018). Emotions, Bodies, and the Un/Making of International Relations. Millenium: Journal of International Relations, 1-15.

Jung, S. (2011). Korean Masculinities and Transcultural Consumption: Yonsama, Rain, Oldboy, K-Pop Idols. Hong Kong University Press.

Kinsella, H. (2003). For a Careful Reading: The Conservativism of Gender Constructivism. International Studies Review, 5, 294.

Kuponiyi, V. (2021, Februari 3). Meet K-Pop Stylist Ahn Dooho And His Thoughts on Gender Neutral Fashion. Dalam https://www.envimedia.co/k-pop-stylist-ahn-dooho-gender-neutral-fashion/ diakses 15 Mei 2023

Miyose, C. Y. (2015). Unrealistic Weeds of Love and Romance: The Korean Drama and the "Flower Boy" Genre. Thesis. University of Nevada.

Mulya, L. H., & Soetjipto, A. W. (2021). Maskulinitas sebagai Tonggak Keempat dalam Kajian Feminisme Hubungan Internasional. Indonesia Perspective Vol. 6, No. 2, 222-235.

Oktafianto, I. (2021). Penggambaran Karakteristik Maskulinitas pada Produk “Extra Joss” dalam Iklan Televisi. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol. 18, No. 1, 26-37.

Replogle, S. (2019). Feminism and International Relations: From Deconstruction to Reconstruction. Student Journal of Politics.

Rowley, C. (2010). Popular Culture and the Politics of the Visual. In L. J. Shepherd, Gender Matters in Global Politics: A feminist introduction to international relations (pp. 309-325). New York: Routledge.

Song, K. Y., & Velding, V. (2020). Transnational Masculinity in the Eyes of Local Beholders? Young Americans' Perception of K-Pop Masculinities. Journal of Men's Studies Vol. 28(1), 3-21.

Srivastava, S. (2019). Varieties of Social Construction. International Studies Review, 1-22.

Tickner, J. A. (1992). Engendered Insecurities: Feminist Perspectives on International Relations. In Gender in International Relations: Feminist Perspectives on Achieving Global Security (p. 6). Columbia University Press.

True, J. (2017). Feminism and Gender Studies in International Relations Theory. Oxford Research Encyclopedia of International Studies. doi:https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190846626.013.46

Wulandari, R. (2020, April 13). Gantikan EXO, NCT 127 Terpilih Jadi Brand Ambassador Terbaru Nature Republic. Dalam https://www.beautynesia.id/life/gantikan-exo-nct-127-terpilih-jadi-brand-ambassador-terbaru-nature-republic/b-135062 diakses 20 Mei 2023

Published

2024-12-30