Pengaruh Media Koperasi berbantuan Web Based Terhadap Minat Berkoperasi Mahasiswa

Penulis

  • Afief Maula Maula Universitas Pasundan
  • Dini Riani Universitas Pasundan
  • Ani Setiani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v7i1.6950

Kata Kunci:

cooperative, web based, interest

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media koperasi berbantuan Web Based terhadap minat berkoperasi mahasiswa. Populasi sebanyak 69 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pasundan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana menggunakan program IBM SPSS Statistic Version 26. Adapun hasil penelitian menunjukan analisis regresi linear sederhana yang menghasilkan Y= 9,635 + 0,836x yang artinya, ada peningkatan sebesar 9,635 dari media koperasi berbantuan Web Based maka minat berkoperasi akan bertambah atau meningkat sebesar 0,836 sedangkan hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa terdapat pengaruh media koperasi berbantuan Web Based terhadap minat berkoperasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas sebesar 57,9% yang termasuk ke dalam kategori cukup kuat dan 42,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: koperasi, web based, minat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Indrawan, R. (2013). Pengantar Koperasi. Bandung: CV Arfino Raya.

Kusumawati, R. 2020. Koperasi Paling Cocok Bagi Generasi Milenial https://bit.ly/3rgAzgP

Sadikin, dkk. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. Diakses di https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1085789

Istanto, F.H. (2004) Potensi Dan Kaidah Perancangan Situs-Web Sebagai Media Komunikasi Visual. Diakses https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1347873

Avianto, Dkk. (2019). Penggunaan Media Internet Dalam Memenuhi Kebutuhan Kognitif Pada Komunitas Mi Fans Samarinda. Diakses https://bit.ly/3rk6zRa

Martin Odudukudu. (2019). Pure And Objective Thinking: Interest And Desire. Volume 9, Issue 2, April-June 2019 https://journals.sagepub.com/doi/epub/10.1177/2158244019844086

Howell, M. At all. (2011). The Accuracy of Instructor Perceptions of Student Interest and Learning: an exploratory study. Psychology Learning and Teaching . Volume 10 Number 3 2011. https://journals.sagepub.com/doi/epdf/10.2304/plat.2011.10.3.239

Steele A.R, Day D. (2020). Development and Preliminary Validation of the Interest in Leadership Scale. Volume 10, Issue 1, January-March 2020. https://journals.sagepub.com/doi/epub/10.1177/2158244019900182

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Riduwan, Sunarto. (2019). Pengantar Statistika pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi dan bisnis. Afbeta:Bandung.

Gregory Schraw, Roger Bruning, And Carla Svoboda. Sources Of Situational Interest. https://journals.sagepub.com/doi/epdf/10.1080/10862969509547866

Subandi. (2011). Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktik). Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-01-06

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama