A ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENGEMBANGJAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
Model PBL, Berpikir Kritis, Ekonomi, SiswaAbstrak
Pendidikan berperan fundamental dalam membentuk individu yang cerdas, religius, dan berkarakter, sehingga mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Dalam konteks penguatan pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada kemampuan berpikir kritis, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, khususnya materi sistem dan alat pembayaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di MA Nurul Iman Sumberjambe Jember. Subjek penelitian meliputi guru ekonomi, peserta didik kelas X IPS, kepala sekolah, dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan validitas diuji melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sintaks PBL—meliputi analisis masalah, diagnosis, dan alternatif solusi—secara sistematis mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemampuan tersebut terlihat dalam proses pencarian informasi, penalaran logis, analisis sebab-akibat, dan penyusunan solusi terhadap masalah kontekstual ekonomi. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam menegaskan efektivitas PBL dalam pembelajaran ekonomi yang belum banyak dikaji secara mendalam, khususnya pada topik sistem dan alat pembayaran. Oleh karena itu, PBL terbukti sebagai model yang relevan dan aplikatif dalam menciptakan pembelajaran ekonomi yang aktif, reflektif, dan bermakna.Unduhan
Referensi
Alicia, Febi. Analisis Implementasi Sistem Pengendalian Internal Untuk Mencegah Kredit Macet Pembiayaan Musyarakah Modal Kerja (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kcp Kisaran), JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), Vol. 9, No. 1 April 2025.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. 2017.
Barret, Terry. A New Model of Problem-Based Learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. The British Journal of Psychiatry. 2017
Dewi, Luh Putu Mina Kusuma. PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBAK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 20, No. 2, Juli 2023
Gunarsa, Komang Gede Raditya. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan MBKM dan Relevansi Kurikulum, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 12, Number 1, Tahun 2024.
Khakim, Nor. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues. 2022
Laga, Yulius. Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022.
Lestari, Yeni Kusuma.Tackling the Future: Optimizing TVET Students of Employability Skills Through Self-Regulated Learning and Self-Efficacy, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 12, Number 1, Tahun 2024.
Nendi, Ikhsan. Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Ekonomi Berkelanjutan, JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan) Vol. 9, No. 1 April 2025.
Noni, Enok Masrinah. Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan. 2019.
Oestreicher, David Benjamin. The Effect of a Problem-Based Learning (PBL) Program on the Development of Problem-Solving (a 21St Century Skill) in High School Students. 2019.
Permendikbudristek. Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.2022.
Putri, Novita Samnia. Pengaruh penggunaan e-money, BI-rate dan jumlah uang beredar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, E-Journal Perdagangan Industri dan Moneter Vol. 12. No. 1, Januari −April 2024
Raco. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana. 2010
Rahmadani. Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal. 2019
(Ramadhani, 2019)
Rianto, Milan. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang: PPPG IPS dan PMP Malang, 2006.
Rismayanti. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Pembelajaran Ekonomi. Economic Education And Entrepreneurship Journal. 2021.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2010
Siahaan, Anton Luvi. Pengaruh Modal Usaha dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kelontong di Desa Nagori Bosar Kabupaten Simalungun, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 12, Number 1, Tahun 2024.
Susanti, Shanty. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online Akulaku, Ekuitas: Jurnal Pendidikan EkonomiVolume 12, Number 1, Tahun 2024.
Syamsidah, Hamidah. Model Problem Based Learning (PBL). Sleman: DEEPUBLISH. 2018
Torp, Linda, dan Sara Sage. Problem as Possibilities Problem Based Learning for K-16 Education, Alexandria, Virginia USA: Association for Supervision and Curriculum Development, 19961
Uliyandari, Mellyta and others. Problem-Based Learning To Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research. 2021.
Zunaitin, Eliya. Pengaruh E-money terhadap Inflasi di Indonesia, Journal Ekuilibrium, 2017, Volume II (1) : 18-23
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.