STRATEGI PEMASARAN KERIPIK 789 BAROKAH DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN

Authors

  • Trio kasih Agustinus Hia Trio kasih Agustinus Hia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Aletta Dewi Maria TH Aletta Dewi Maria TH

Keywords:

Chips, digital marketing, Purchase Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen terhadap keripik 789 Barokah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran yang lebih efektif menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keyakinan konsumen tentang keunggulan produk keripik. Persentase pemahaman dan keyakinan konsumen meningkat secara signifikan setelah strategi pemasaran yang lebih terfokus diterapkan. Hal ini menunjukkan bahwa strategi branding yang kuat, promosi yang efektif, dan pemanfaatan teknologi digital mampu memengaruhi positif persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Meskipun terjadi peningkatan yang signifikan, penelitian juga mengidentifikasi beberapa aspek yang perlu dioptimalkan dan hambatan yang perlu diatasi dalam pengembangan strategi pemasaran yang lebih lanjut. Masih terdapat sebagian konsumen yang belum sepenuhnya memahami keunggulan produk, menyoroti perlunya penyempurnaan pesan promosi dan pendekatan komunikasi yang lebih personal. Selain itu, faktor lingkungan eksternal seperti perubahan tren konsumen dan persaingan pasar yang semakin ketat juga perlu dipertimbangkan dalam pengembangan strategi pemasaran yang responsif. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif untuk produk keripik. Namun, untuk merespons dinamika pasar yang terus berkembang, diperlukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan responsif terhadap perubahan tren konsumen serta persaingan pasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandrianti Maulida, Y., & Habiburahman, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Pisang Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Pada Umkm Keripik Sumber Rezeki). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 303–314. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.34

Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102

Leni Nuraeni, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.

MacCullagh, L., Bosanquet, A., & Badcock, N. A. (2017). University Students with Dyslexia: A Qualitative Exploratory Study of Learning Practices, Challenges and Strategies. Dyslexia, 23(1), 3–23. https://doi.org/10.1002/dys.1544

Malik, E., Adan, L. H., Rais, M., Abdullah, R., & Dja’wa, A. (2021). Program Kemitraan Masyarakat Usaha Keripik Pisang Di Desa Waowangi Kecamatan Sampolawa. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1456

Meng, J., & Berger, B. K. (2022). The role of institutional environment in building communication professionals’ trust and satisfaction: a moderated multiple-mediation analysis. Corporate Communications, 27(2), 245–263. https://doi.org/10.1108/CCIJ-03-2021-0030

Pratama, B., & Priandika, A. T. (2020). Sistem Informasi Location Based Service Sentra Keripik Kota Bandar Lampung Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.237

Rahmadi, S.Ag., M. P. I. (2011). Metodologi, Pengantar.

Rizky, R. N., & Mavianti. (2019). Keripik Kelapa : Peluang Usaha Baru di Dusun 3 Tanjung Anom, Deli Serdang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 311–318. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3633

Sugiarto. (2016). manajemen bisnis (Vol. 4, Issue 1).

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Mbia, 19(3), 320–330. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1177

Wardah, S., & I. (2016). “menurut Tjiptono Darmadji (2006: 73), dalam Penawaran Umum (Public Issue) Penawaran umum atau sering pula disebut go public.” Jurnal Teknik Industri, 11(3), 135.

Widagdo, H., Ayu P, C., & Pratiwi, R. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Kerupuk Kempalng UKM Palembang. Semas IIB Darmajaya, 294–303.

Zaini, P. M., Zaini, P. M., Saputra, N., Penerbit, Y., Zaini, M., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue May).

Downloads

Published

2024-07-31