PENGARUH BRAND IMAGE DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER TRUST PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO DI BANDUNG RAYA

Authors

  • Shanaz Indirrarahmah Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Shanaz Indirrarahmah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh brand image dan product quality terhadap repurchase intention melalui customer trust pada produk Teh Botol Sosro di Bandung Raya. Selanjutnya pada penelitian ini telah melewati tahap uji deskriptif , uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi berganda. Instrumen ini dilakukan untuk mengumpulkan bahan dari para responden yang berusia 17 tahun hingga 40 tahun keatas yang pernah membeli dan juga mengonsumsi minuman Teh Botol Sosro, sebagai yang menilai pada penelitian ini. Total responden pada penelitian ini sebanyak 120 orang. Penelitian ini sudah melalui tahapan uji deskriptif, uji validitas, realibilitas, asumsi klasik, dan regresi berganda. Analisis ini digunakan pada uji instrumen data menggunakan bantuan software SPSS versi 25 juga uji sobel. Hasil uji hipotesis ini memperlihatkan pengaruh positif dan signifikan antar variabel, namun terdapat satu hipotesis yang gagal menolak H0 hal ini terbukti jika product quality tidak mempengaruhi repurchase intention. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa brand image dan product quality berpengaruh positif terhadap repurchase intention yang dimediasi customer trust. Pembeda pada penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu objek yang dilihat, yaitu Teh Botol Sosro. Sementara jumlah sampel, teknik penentuan sampel dan teknik analisis data dapat disesuaikan dengan objek yang dinilai oleh peneliti sebelumnya. Pada telaah ini diharapkan bermanfaat untuk pengelola objek yang dinilai mengenai faktor-faktor yang dipertimbangkan mengenai perencanaan strategi atau program relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahcmady, A. C. N., & Wardhani, N. I. K. (2022). Citra Merek, Inovasi Produk pada Minat Beli Ulang Es Krim di Sidoarjo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1118–1125.

https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1382

Alfian, L. V., & Adhie, M. K. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Yakult di Bandar Lampung. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Mayarakat. 20–28. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/3859

Andarini, M., Basuki, T., Subianti, T., W. K, Y. P., & Rahmadi, A. N. (2022). Analisis Korelasi Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Teh Botol Sosro Di Indomaret. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 3. https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.4189

Asna, N., Fitriani, R., & Mashudi, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Heavenlight (Studi Pada Pengikut Instagram Heavenlight). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 9–18. https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i1.20392

Ellitan, L., Sindarto, J., & Agung, D. A. (2023). The Influence of Brand Image and Product Innovation on Customer Repurchase Intention through The Mediation of Customer Satisfaction Towards Indomie. Journal of Entrepreneurship & Business, 4(1), 32–45. https://doi.org/10.24123/jeb.v4i1.5275

Ferdiana, R., & Yuwono, I. (2023). Pengaruh Brand Image , Harga , dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum ( Studi Pada Masyarakat Kota Bekasi ). Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(7), 310–318.

https://doi.org/10.5281/zenodo.8216419

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 329–346.

https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.837

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (I. Pearson Education (ed.); 15th Edition). PT Index. kelompok Gramedia. Harlow, Essex Pearson Education Limited , 2016.

Kusumastuti, A. E., & Kumalasari, R. A. (2017). Pengaruh Faktor Relatif Dan Konsektual Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Fashion Busana Muslim Di Semarang). Jurnal EBBANK ▪ Vol.8 ▪ No. 1 ▪ Hal. 1-16 ▪ Juni 2017. http://www.ebbank.stiebbank.ac.id/index.php/EBBANK/article/view/106/102

Lukitaningsih, A., Ningrum, N. K., & Muttaqin, F. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere, Product Quality dan Service Quality terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pelanggan Mie Gacoan Yogyakarta). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 372.

https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.794

Mari Ci, A., & Raymond. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Golden City Residence Kota Batam. Jurnal Ilmu : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 3. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/2926

Martuah, A., Nasution, H., & Rizan, M. (2023). International Journal of Current Economics & Business Ventures The Influence Of Electronic Word Of Mouth (EWOM) And Brand Image On Repurchase Intention Trough Consumer Trust As An Intervening Variabel In Current International Journal of Current Econom. 1(3). https://scholarsnetwork.org/journal/index.php/ijeb/article/view/108

Maskuri, A., Setiadji, A. A., Arofafi, N., Safina, A., Niken, Y., Kitatrah, A., & Bintarti, S. (2023). Pengaruh Lokasi Terhadap Revisit Dengan Mediasi Kepuasan Dan Mediator Citra Rasa Dan Harga Pada Produk Teh Botol Sosro. Prosiding SEMANIS : Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 1, 220–230. http://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/semanis/article/download/2091/1238

Osaka, I. (2022). Laporan Analisis Intelijen Bisnis. Indoensian Trade Promotion Center, 1–43.

https://itpc.or.jp/wp-content/uploads/2023/02/4.-Teh-MB-2022.pdf

preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2004). SPSS and SAS procedures for estimating inderect effects in simple mediation models. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers.

https://link.springer.com/article/10.3758/bf03206553

Qomariyah, L., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Teh Pucuk Harum Di Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 88–102. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Ryana, R. M., & Haryanto, H. (2023). Ntention To Buy Products At Coffee Shop Batam With Consumer Trust As Mediation Pengaruh Identitas Merek , Citra Merek , Kualitas Produk , Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Produk Di Coffee Shop Batam Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediasi. 4(4), 3629–3641. https://doi.org/10.37385/msej.v4i4.2122

Sahatma, A., & Suprapto, B. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Perilaku Konsumen. Serviens in Lumine Veritatis, 1–15.

http://e-journal.uajy.ac.id/13651/

Sanjaya, K. D. A., & Ardani, S. I. G. (2018). Pengaruh Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang Kadek Dika Ardimas Sanjaya 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangnya kehidupan modern masyarakat kota membawa konsekuen. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(11), 6156–6183. : https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i11.p13

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/143365/metode-penelitian-untuk-bisnis-pendekatan-pengembangan-keahlian-edisi-6-buku-1.html

Sugiama. (2014). Metode Riset Bisnis dan Manajemen (4thed). Bandung :CV Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan r&d. Bandung: CV Alfabeta.

Top Brand Award, (2022)

https://www.topbrand-award.com/metodologi-survei

Top Brand Award, (2023)

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/

Wardani, D. K., & Isbela, P. D. (2017). Pengaruh Strategi Bisnis Dan Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Makanan Di Kecamatan Jatitujuh. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan Fakultas Bisnis UKDW, 13(2), 91–106. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/unc/article/view/1387

Wonua, A. R., Sembilanbelas, U., Kolaka, N., Sembilanbelas, U., Kolaka, N., Sembilanbelas, U., Kolaka, N., Popalia, D., Tanggetada, K., & Kolaka, K. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Trust terhadap Minat Beli di Marketplace Shopee ( Studi pada Masyarakat Pesisir Suku Bajo di Kabupaten Bombana ) Almansyah Rundu Wonua. 1(6).

https://journal.arimbi.or.id/index.php/Lokawati/article/view/346

Downloads

Published

2024-07-31