PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)

  • Kiki Nia Sania Effendi pendidikan matematika UNSIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan  Satisfaction). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Karawang dengan sampel sebanyak satu kelas. Instrumen penelitian terdiri dari tes, dan angket. Tes yang digunakan adalah tes tipe pilihan ganda beralasan dan uraian. Angket berupa skala motivasi menggunakan Skala Likert. Temuan penelitian ini menunjukkan: terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan  Satisfaction).
 
Kata Kunci: model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan  Satisfaction), motivasi belajar, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 29, 2018
How to Cite
EFFENDI, Kiki Nia Sania. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-6, july 2018. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/886>. Date accessed: 18 aug. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i1.886.