PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Think Pair Share (TPS)

  • Asep Sujana
  • Maskhopipah .

Abstract

Salah satu problematika dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini ditunjukan dengan rendahnya kamampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, terlebih persoalan yang berkaitan dengan dunia nyata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada pokok bahasan aljabar Kelas VIII SMP. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh  pada taraf signifikansi 5% dan dk = 60. Karena  maka  ditolak dan  diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP.  Jadi kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 28, 2017
How to Cite
SUJANA, Asep; ., Maskhopipah. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 43-52, july 2017. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/353>. Date accessed: 11 dec. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.353.