IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM POSING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KECEMASAN MATEMATIS

Guided Discovery: Kemampuan Problem Posing: Kecemasan Matematis

  • Vevi Hermawan

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan tuntutan pemerintah yang menginginkan kurikulum 2013 berjalan, tetapi tidak diikuti oleh para siswa yang masih pasif dalam pembelajaran serta rendahnya motivasi belajar siswa akan pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem posing dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dan mendeskripsikan kecemasan matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Menurut metodenya, penelitian ini merupakan penelitian campuran menggunakan desain eksplanasi sekuensial. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP (di Kota bandung) sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan problem posing dan angket skala kecemasan. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian. Skala kecemasan matematika siswa berisikan pernyataan-pernyataan kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika. Tes terlebih dahulu diujicobakan kepada 10 siswa kelas IX. Berdasarkan hasil uji coba tersebut didapat koefisien realibitasnya tinggi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan SPSS 21.0 For Windows. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian normalitas, homogenitas dan kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) Penurunan kecemasan matematika siswa kelas eksperimen tidak lebih baik atau sama dengan kelas kontrol. (2) peningkatan kemampuan problem posing kelas eksperimen tidak lebih baik atau sama dengan kelas kontrol. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kelas eksperimen dan kelas kontrol. (4) tidak ada korelasi antara penurunan kecemasan matematika dan kemampuan kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 15, 2020
How to Cite
HERMAWAN, Vevi. IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM POSING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KECEMASAN MATEMATIS. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 129-133, aug. 2020. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/3074>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.3074.