PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PENGGUNA PLATFORM DIGITAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP KRITIS SISWA DI MA DAAR EL QOLAM

  • Dwi Yulianto Yulianto STKIP La Tansa Mashiro

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian yang dilakukan oleh Jaya Wijaya Kusuma (2020) dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemic covid 19. Dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan pemecahan matematis siswa rendah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum memahami bagaimana memecahkan masalah dengan topik di dalam matematika serta kejadian di dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis mana yang lebih baik, dengan Webinar Zoom atau Whatsapp Group dan seberapa efektifnya kedua Platform tersebut dalam Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di MTs. Daar El Qolam 1 dan MTs. Daar El Qolam 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran daring pengguna Webinar Zoom lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan pembelajaran daring pengguna platform WhatsApp Group, (2) Terdapat interaksi antara pembelajaran daring pengguna platform digital dengan gender terhadap pemecahan masalah matematis, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan yang belajar dengan pembelajaran daring pengguna platform Webinar Zoom lebih tinggi daripada pembelajaran daring pengguna platform WhatsApp Group, (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki-laki yang belajar dengan pembelajaran daring pengguna platform Webinar Zoom lebih tinggi daripada pembelajaran daring pengguna platform WhatsApp Group, (5) Sikap kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran daring pengguna platform Webinar Zoom lebih tinggi daripada pembelajaran daring pengguna platform WhatsApp Group.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 16, 2020
How to Cite
YULIANTO, Dwi Yulianto. PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PENGGUNA PLATFORM DIGITAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP KRITIS SISWA DI MA DAAR EL QOLAM. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 107-128, july 2020. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2790>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2790.