PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS CALON GURU PENDIDIKAN MATEMATIKA DI ERA 4.0

Pembelajaran STEM: Kreativitas Calon Guru Pendidikan Matematika: Era 4.0.

  • Mia Nurkanti
  • Jusep Saputra universitas pasundan

Abstract

Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Tujuan penelitian ini yaitu 1) menganalisis pembelajaran STEM (science, technology, engineering and mathematics) dalam meningkatkan kemampuan keterampilan kreatif mahasiswa pendidikan matematika, 2) mengetahui seberapa besar pembelajaran STEM (science, technology, engineering and mathematics) mampu meningkatkan kemampuan keterampilan kreatif mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini didesain sebagai penelitian pra eksperimen. Desain penelitian one case study. Kelompoknya satu dalam arti, subjek yang mengambil atau mengontrak 1 mata Kuliah. Dalam hal ini subjeknya berasal dari Prodi Pendidikan Matematika yang mengontrak Mata Kuliah Aljabar Matriks. Kelas A terdiri dari 35 orang dan Kelas B terdiri dari 26 orang. Kaitannya dengan teknologi dalam pembelajaran STEM, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan ICT yaitu program maple. Analisis data yang digunakan adalah analisis data pretest, postest, dan N-Gain. Masing-masing di analisis statistika deskriptinya, kemudian di analisis statistika inferensialnya untuk melihat signifikansi kategori peningkatan masing-masing kelas. Pembelajaran STEM secara deskriptif mampu peningkatan kemampuan kreatif dengan kategori sedang di Kelas A dan kategori tinggi di Kelas B, meskipun tidak meningkat secara signifikan. Tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan kreatif antara kelas A dan B, karena mempunyai nilai rata-rata peningkatan yang hampir sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 16, 2020
How to Cite
NURKANTI, Mia; SAPUTRA, Jusep. PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS CALON GURU PENDIDIKAN MATEMATIKA DI ERA 4.0. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 28-43, july 2020. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2410>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2410.