KETERKAITAN HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

quick on the draw: pembelajaran kooperatif: penalaran matematis: komunikasi matematis: hubungan penalaran dan komunikasi matematis

  • Hayatun Nufus FTK UIN SUSKA RIAU
  • Rezi Ariawan

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara kemampuan penalaran matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII di Pekanbaru yang berjumlah 84 sekolah pada tahun ajaran 2011/2012 dan dengan subjek penelitian adalah tiga SMP yang masing-masing mewakili sekolah level tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan sekolah sebagai sampel menggunakan stratified dan purposive sampling serta instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil uji statistik, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, secara keseluruhan, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Kedua, jika diperhatikan berdasarkan level sekolah, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa untuk sekolah level tinggi, sedang, dan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 28, 2017
How to Cite
NUFUS, Hayatun; ARIAWAN, Rezi. KETERKAITAN HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 29-42, july 2017. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/240>. Date accessed: 14 dec. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.240.