KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KLS VIII

kemampuan abstraksi matematis: abstaksi reflektif: abstraksi empiris: abstraksi teoritis

  • Beni Yusepa

Abstract

Kemampuan abstraksi matematis merupakan kemampuan dasar yang yang harus dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya  adalah siswa kelas  VIII di salah satu SMP Negeri Kota Bandung sebanyak 33 siswa. Instrumen utama dalam penelitian  adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tes kemampuan abstraksi matematis serta pedoman wawancara. Kemampuan abstraksi matematis dalam penelitian ini  berkaitan dengan abstraksi reflektif, abstraksi empiris, dan abstraksi teoritis. Pada hasil penelitian ini memberikan saran atau rekomendasi kepada para guru dan peneliti untuk memperhatikan hal-hal berikut dalam pembelajaran, yaitu: 1) pemilihan model atau pendekatan pembelajaran harus tepat sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa; 2) penggunaan bahan ajar lebih mengaktifkan siswa; dan 3) perlu penelitian lanjutan untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis siswa dengan model pembelajaran yang bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 14, 2017
How to Cite
YUSEPA, Beni. KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KLS VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 54-60, jan. 2017. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/233>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.233.