MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI

Minat: Kooperatif : STAD: Ekspositori

  • Ika Sriyanti STKIP Subang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Pembelajaran Ekspositori. Minat belajar siswa adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar sendiri. Semakin kuat hubungan tersebut semakin besar minat siswa untuk belajar matematika. Populasi yang diambil di SMPN 1 Pamanukan dengan sampel siswa kelas 8A untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa kelas 8C untuk kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran Ekspositori. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu jenis non tes, berupa angket dan wawancara. Berdasarkan analisis MSI bahwa rata-rata siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe STAD rata-ratanya 91,065 lebih besar dari rata-rata siswa yang menggunakan pembelajaran Ekspositori dengan rata-rata 85,478. Angket disusun dengan menggunakan skala Likert, dengan tujuan untuk mengetahui setiap indikator dari minat siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran Ekspositori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada minat siswa dalam pembelajaran Ekspositori dan minat siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD bersifat positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 28, 2020
How to Cite
SRIYANTI, Ika. MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 86-96, jan. 2020. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/2165>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2165.