UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII SMP PLUS MATHLA’UL ANWAR CIBUAH

PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK: MODEL SNOWBALL THROWING

  • Ika Meika
  • Asep Sujana
  • Moh. Rizal Umami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematik dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdapat tiga pertemuan  dan satu kali tes. Model pembelajaran Snowball Throwing sudah terlaksana sesuai dengan proses pembelajaran yang diharapkan dikelas dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedian di sekolah dan memberikan pemahaman kepada siswa untuk lebih terbuka dan memberikan wawasan supaya memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah. Model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa kelas VIII A SMP Plus Mathla’ul Anwar Cibuah pada materi pokok bahasan Operasi Pecahan Bentuk Aljabar. Peningkatan pemahaman konsep matematik siswa diperoleh dari hasil data pada kegiatan sebelum penelitian diperoleh nilai rata-rata mencapai 58% dan siswa yang mendapat kriteria tuntas adalah 7 siswa. Kemudian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata mencapai 69% dan siswa yang mendapat kriteria tuntas adalah 16 siswa, dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,70% dan siswa yang mendapat kriteria tuntas adalah 24 siswa. Dari hasil siklus yang telah dilakukan maka kegiatan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing ini dikatakan berhasil. Karena suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila kriteria ketuntasan belajar mencapai 70%. Ini terlihat pada siklus II yang mencapai nilai rata-rata 80,70% dan siswa yang mendapat kriteria tuntas belajar adalah 24 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 6, 2017
How to Cite
MEIKA, Ika; SUJANA, Asep; UMAMI, Moh. Rizal. UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII SMP PLUS MATHLA’UL ANWAR CIBUAH. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-28, jan. 2017. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/216>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.216.