PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK

pembelajaran berbasis masalah (PBM): pemecahan masalah matematis.

Authors

  • Eva Tri Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.208

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematissiswa ditinjau berdasarkan pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMK Swasta di Sumedang. Sampel diambil dua kelas dari sebelas kelas X secara purposive. Sampel yang terlibat sebanyak 64 siswa, 31 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data menggunakan uji t, uji Mann-WhitneyU, dan uji ANOVA dua jalur dengan interaksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) secara keseluruhan dan tiap kategori KAM,tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswayang belajar dengan PBM dan ekspositori; (2) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor KAM terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-07