PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

CPS: Komunikasi: SRL

  • Sri Ulfa Alawiyah UIN SUSKA RIAU
  • Lies Andriani
  • Depi Fitriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengaen model Creative Problem Solving (CPS) dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) jika berdasarkan self regulated learning siswa SMPIT Az Zuhra Islamic School Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model CPS dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model CPS, 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model CPS dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model CPS jika berdasarkan self regulated learning siswa, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dan self regulated learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self regulated learning siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Regulated Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2019
How to Cite
ALAWIYAH, Sri Ulfa; ANDRIANI, Lies; FITRIANI, Depi. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 45-55, dec. 2019. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1764>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.1764.