PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN KECEMASAN MATEMATIK SISWA SMP

Penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan koneksi dan kecemasan matematika siswa smp

  • Risma Puspitasari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Yanti Mulyanti
  • Ana Setiani

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan kecemasan matematika siswa dengan model pembelajaran Mind Mapping lebih rendah daripada siswa dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPIT Adzkia Sukabumi dengan sampelnya diambil dua kelas secara acak, satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-F yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas yang satunya yaitu kelas VII-E sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis serta angket kecemasan matematika dengan skala Likert. Analisis data menggunakan metode True Experimental Design dengan desain pretest-postest control group design. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t kemampuan koneksi matematis diperoleh nilai thitung = -6,000 sedangkan nilai ttabel = -2,326. Sehingga H0 ditolak atau H1 diterima karena thitung < ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kemampuan koneksi matematis siswa dengan model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada siswa dengan model pembelajaran langsung. (2) Kecemasan matematika siswa dengan model pembelajaran Mind Mapping lebih rendah daripada siswa dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, kecemasan matematika, Mind Mapping.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 26, 2019
How to Cite
PUSPITASARI, Risma; MULYANTI, Yanti; SETIANI, Ana. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN KECEMASAN MATEMATIK SISWA SMP. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 81-94, july 2019. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1701>. Date accessed: 06 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1701.