PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOMIK STRIP DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

  • Annisa Enistoneisya Hermawan Mahasiswa
  • Hamidah Suryani Lukman
  • Yanti Mulyanti

Abstract

Guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran yang bermakna dan diharapkan mampu mengaktifkan siswa. Proses pembelajaran akan berjalan efektiv dan efisien apabila didukung dengan bahan ajar atau alat bantu yang menunjang. Alternatif untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan menggunakan LKS yang disesuaikan dengan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis komik strip dengan metode guided discovery learning pada materi perbandingan trigonometri kelas X yang layak menurut ahli. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Lee & Owens dengan tahapannya yaitu analysis (analisis), design (desain) dan development (pengembangan) dan hanya sampai mengukur tingkat validitas dari LKS yang dikembangkan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor persentase validitas menurut ahli materi dan ahli media sebesar 81,7905%. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis komik strip dengan metode guided discovery learning pada materi perbandingan trigonometri kelas X dinyatakan sangat valid oleh ahli materi dan ahli media.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 23, 2019
How to Cite
HERMAWAN, Annisa Enistoneisya; LUKMAN, Hamidah Suryani; MULYANTI, Yanti. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOMIK STRIP DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 61-71, july 2019. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1700>. Date accessed: 21 aug. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1700.