ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

tipe kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist): pemecahan masalah matematika: problem based learning

  • Nismaya Nismaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja siswa berdasarkan tipe kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist) dalam proses pembelajaran problem based learning dan problem based learning dengan asesmen kinerja. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa (guardian, artisian, rational, dan idealist). Terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan asesmen kinerja dengan model ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa (guardian, artisian, rational, dan idealist). Kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning  dengan asesmen kinerja lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning ditinjau dari tipe kepribadian siswa kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist). Kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist). Kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan asesmen kinerja lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari tipe kepribadian siswa kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealist). kinerja siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian (guardian, artisian, rational, dan idealis) sebagai berikut : Untuk indikator keaktifan siswa dengan tipe kepribadian artisian, rational, idealis aktif saat proses pembelajaran dalam memecahkan masalah matematika. Untuk indikator bekerjasama siswa dengan tipe kepribadian artisian, guardian, rational bekerjasama saat proses pembelajaran dalam memecahkan masalah matematika. Untuk indikator toleran siswa dengan tipe kepribadian artisian, guardian toleran saat proses pembelajaran dalam memecahkan masalah matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2018
How to Cite
NISMAYA, Nismaya. ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 41-55, june 2018. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1318>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i1.1318.