PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

  • Luvy Sylviana Zanthy IKIP Siliwangi

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih rendahnya kemampuan mengajukan masalah  matematis siswa dan penggunaan bahan ajar siswa yang masih terbatas saat proses pembelajaran. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan bahan ajar Siswa dengan menggunakan metode SQ4R dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan bagian dari Penelitian Disertasi Doktor yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berupa LKS matematika dalam meningkatkan kemampuan mengajukan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek sampel dalam penelitian ini terdiri dari: 30 orang siswa kelas XII sebagai subjek kelas ujicoba dan 80 siswa kelas XI sebagai subjek kelas implementasi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket respon siswa dan instrumen tes kemampuan mengajukan masalah matematika. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan inferensial. LKS hasil pengembangan dalam penelitian ini telah teruji dengan rata-rata kevalidan 3,44, rata-rata kepraktisan sebesar 3,89 dan nilai rata-rata tes kemampuan mengajukan masalah matematis siswa berada pada kriteria tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diidentifikasikan bahwa LKS yang menggunakan metode SQ4R ini valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan kemampuan mengajukan masalah  matematis siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2018
How to Cite
ZANTHY, Luvy Sylviana. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 68-81, dec. 2018. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1259>. Date accessed: 21 may 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1259.