KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS: ANALISIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA

Kemampuan Penalaran Matematis: Gaya Kognitif Siswa: Field Independent: Field Dependent

  • Ela Priastuti Mirlanda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rangkasbitung dengan sampel sebanyak dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes GEFT untuk mengukur gaya kognitif dan tes tulis berbentuk essay untuk mengukur kemampuan penalaran matematika. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 45% siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) memiliki nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis sebesar 58,95 sementara 55% siswa yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) memiliki nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis sebesar 61,87. Hasil uji statistik menunjukkan gaya kognitif Field Dependent berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 14,6% dan gaya kognitif Field Independent berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 31,3%. Dari tiga indikator kemampuan penalaran matematis yang diteliti, kemampuan menggunakan pola, menganalisis situasi matematis dan memberi penjelasan menggunakan model dalam penyelesaian masalah matematika merupakan hal yang masih sulit dikuasai oleh siswa. Sementara kemampuan melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu telah dikuasai oleh siswa dengan nilai rata-rata baik. Untuk itu kegiatan pembelajaran matematika harus dirancang sedemikian rupa agar dapat menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent dapat menjadi dasar / landasan untuk guru merancang pembelajaran yang sesuai dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2018
How to Cite
MIRLANDA, Ela Priastuti; PUJIASTUTI, Heni. KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS: ANALISIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 56-67, dec. 2018. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1251>. Date accessed: 22 oct. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1251.