PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA

  • Mira Marlina
  • Sri Sukmawati
  • Anton Nasrullah

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk menerapkan pembelajaran model eliciting activities (MEAs) terhadap kemampuan berfikir kritis mahasiswa pada pembelajaran matematika ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Tempat penelitian dilaksanakan disalah satu universitas di Banten. Sampel diambil dua kelas secara purposive. Sampel penelitian yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu 37 mahasiswa kelas eksperimen dan 38 mahasiswa kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berfikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian kemampuan berfikir kritis mahasiswa kelas eksperimen (MEAs) lebih baik daripada kelas kontrol (konvensional)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2019
How to Cite
MARLINA, Mira; SUKMAWATI, Sri; NASRULLAH, Anton. PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-11, dec. 2019. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1239>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.1239.