AKTIVITAS GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rina Indriani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.841

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Teacher Activity, Student Activity

Abstract

ABSTRACT   School teaching activities are part of educational activities to guide students toward better conditions. One of those taught in school is a field of mathematics study. In general, students think that math lesson is one of the hardest and frightening lessons. To be able to change the views of students on mathematics subjects, it must be made learning that can make students interested and motivated to learn math. Thus, mathematical learning is no longer considered to be frightening learning. One way to support it, it must be chosen strategy / learning model in accordance with the condition of students. One of them is by using Contextual Teaching and Learning (CTL). Research subjects in this study are students of grade V SDN Singawada I District Rajagaluh Majalengka District. The instrument used in this research is the observation sheet of teacher and student activity. Based on the above data analysis, it can be concluded that: Cotextual Teaching and Learning (CTL) applied in this research can be implemented well by teachers and students respond positively every activity in learning. Keywords: Contextual Teaching and Learning, Teacher Activity, Student Activity   ABSTRAK Kegiatan pengajaran disekolah adalah bagian dari kegiatan pendidikan untuk membimbing siswa menuju keadaan yang lebih baik. Salah satu yang diajarkan disekolah adalah bidang studi matematika. Pada umumnya siswa berpendapat bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang sukar dan menakutkan. Untuk dapat mengubah pandangan siswa terhadap mata pelajaran matematika, maka harus dibuat pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar matematika. Sehingga, pembelajaran matematika tidak lagi dipandang menjadi pembelajaran menakutkan. Salah satu cara untuk mendukung hal tersebut, maka harus dipilih strategi/model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Singawada I Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa: Cotextual Teaching and Learning (CTL) yang diterapkan dalam penelitian ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru dan siswa merespon secara positif setiap aktivitas dalam pembelajaran.   Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Johnson, E. B. (2008). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Pengantar: Prof. Dr. A. Chaedar Alwasilah. Bandung: Mizan Learning Center.

Manshur. (2011). Implementasi Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Sikap Siswa terhadap Matematika Siswa Sekolah Dasar.Tesis. UPI Bandung: Tidak Dipublikasikan.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Satori, Dja’an & Aan Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-04-03