Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • File penyerahan tersebut belum dipublikasikan sebelumnya
  • Format file atau dokumen harus dalam bentuk doc, docx atau rtf
  • Format dokumen sudah sesuai dengan gaya selingkung jurnal Pendas
  • Telah menggunakan software pengolahan kutifan Mendeley
  • Artikel tidak dalam proses pertimbangan di jurnal lain
  • Artikel tidak melakukan plagiat, auto plagiat, dan telah melakukan pengutipan sesuai dengan tata cara kaidah keilmuan yang benar.
  • Isi artikel sudah relevan dengan fokus dan scope jurnal pendidikan dasar, yaitu : penelitian di sekolah dasar

Author Guidelines


  1. Naskah belum pernah diterbitkan dalam media cetak (offline) atau media online, diketik dengan aplikasi Microsoft Office Word atau program sejenis, bentuk huruf Arial, font 12 pt, spasi 1,5 , kertas A4, banyaknya halaman minimal 8 maksimal 15, dengan margin kiri 3 cm, atas 3 cm, kanan 2,5 cm, dan bawah 2,5 cm. Naskah diserahkan paling lambat satu bulan sebelum penerbitan dalam bentuk ketikan di atas kertas sebanyak 2 eksemplar dengan copy file CD beserta nama file-nya ke alamat redaksi, tetapi diupayakan menggunakan system OJS (Open Journal Sytem).

  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau asing dengan menggunakan standar bahasa yang baik dan benar.

  3. Artikel yang akan dimuat dalam jurnal ini adalah berupa gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, serta pembahasan kepustakaan yang dilengkapi dengan hasil penelitian.

  4. Tulisan hasil penelitian disajikan dengan sistematika penulisan sebagai berikut: (1) judul; (2) nama penulis; (3) abstrak dalam bahasa Indonesia atau Inggris ± 250 kata; (4) kata kunci (key word) dalam bahasa Indonesia atau Inggris; (5) pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan penelitian; (6) pembahasaan kepustakaan; (7) hasil penelitian; (8) pembahasan; (9) simpulan dan saran dan (10) daftar pustaka.

  5. Setiap penulis harus menyertakan daftar riwayat hidup yang berisi: identitas diri, riwayat pendidikan, dan riwayat pekerjaan.