ANALISIS UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN II GEGER KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Eka Yuliana Sari PGSD STKIP PGRI Tulungagung
  • Galih Esti Windari STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran matematika sehingga siswa kurang menguasai mata pelajaran tersebut dan dampaknya siswa akan kesulitan untuk memahami pelajaran matematika Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa terhadap pelajaran Matematika pada pokok bahasan FPB dan KPK di SDN 2 Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Geger dan guru kelas. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini mengunakan Interactive Analysis Model. Dalam memperoleh keabsahan data peneliti melakukan uji credibility dan confirmability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa adalah guru melakukan pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis, prognosis, treatment (perlakuan). Guru juga melakukan kegiatan remedial kepada siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata rata ulangan siswa dibawah KKM yaitu 70,18 sementara KKM yang ditentukan di SDN 2 Geger untuk kelas 4 adalah 72. Terbukti ada 12 orang siswa mendapat nilai dibawah KKM. Setelah diadakan remidi semua siswa sudah mendapatkan nilai diatas KKM dengan rata rata yaitu 78,36.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 20, 2019
How to Cite
YULIANA SARI, Eka; WINDARI, Galih Esti. ANALISIS UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN II GEGER KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 111 - 124, aug. 2019. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1022>. Date accessed: 16 sep. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v4i1.1022.