Template

TEMPLATE

 

PARADIGMA POLISTAAT: JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

 

JUDUL ARTIKEL

(Times New Roman, 14 pt, bold, single space 1, justify, centre, 10-20 Kata)

 

Penulis Pertama1, Penulis Kedua 2

(Times New Roman, 12pt, bold, center, tanpa gelar)

 

1. Program Studi, Nama Universitas/Instansi

Alamat email

(Times New Roman, 12pt, bold, center, italic)

 

2. Program Studi, Nama Universitas/Instansi

Alamat email

(Times New Roman, 12pt, bold, center, italic)

 

Abstrak

(Times New Roman, 12pt, bold, center)

 

Abstrak merupakan rangkuman seluruh konten artikel. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, atau ditulis bahasa Indonesia jika naskah ditulis dalam bahasa Inggris. Panjang abstrak disarankan sekitar 200 hingga 250 kata yang menggambarkan penelitian yang dilakukan secara eksplisit dengan kalimat yang lugas dan jelas, mencakup maksud/tujuan, metode dan hasil yang dicapai, tanpa ada acuan pada daftar pustaka. Artikel yang ditulis tidak mengacu kepad gaya selingkung ini tidak dapat diterbitkan pada jurnal ini, walaupun kontennya telah memenuhi syarat untuk dipublikasikan. (Times New Roman, 12pt, single line spacing, italic).

 

Kata Kunci-Tuliskan 4 atau 5 buah kata kunci atau frasa menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda koma. (Times New Roman, 12pt, single line spacing, Bold, Italic)

 

 


  1. Pendahuluan

          Pendahuluan merupakan pengenalan dan pemetaan masalahan dari penelitian yang dilakukan. Memuat latar belakang permasalahan seperti uraian penelitian yang sudah dilakukan dan membawa pembaca pada inti persoalan yang sedang dihadapi. Pada bagian ini permasalahan diungkapkan, perkembangan terkini dari penelitian terkait permasalahan (state of the art) yang dperoleh dari berbagai kepustakaan ikut dibahas.

          Secara umum, artikel disusun dalam subjudul Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan DAFTAR PUSTAKA. Penulis artikel perlu memperhatikan kemungkinan publikasi lain sehingga terhindar dari publikasi, potensi paten, munculnya komplain karena menggunakan perangkat lunak ilegal dan melibatkan pihak lain dalam penelitian kerjasama.

          Badan naskah dalam artikel ditulis dalam dua kolom, ukuran spasi 1, baris pertama indent 5mm. Subjudul harus dibuat dalam tiga tingkat.

  1. Subjudul 1: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran hurup 12, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan angka romawi diikuti dengan titik (misalnya I. Pendahuluan)
  2. Subjudul 2: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran hurup 12, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan hurup diikuti dengan titik (misalnya A. Percobaan)
  3. Subjudul 3: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran hurup 12, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan braket terbuka, misalnya; 1) Percobaan Lapangan.

 

  1. Metode Penelitian

          Bagian ini merupakan bagian yang mengemukakan teori dan kerangka berpikir berikut prosedur pemecahan dari permasalahan yang dihadapi, dilengkapi dengan informasi lokasi, waktu, bahan dan metode yang dipakai, dilanjutkan pemaparan, yang diuraikan singkat dan jelas. Teks ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris. (Times New Roman, 12pt, single line spacing)

 

  • Hasil dan Pembahasan

          Merupakan bagian yang menyajikan bagian data dan

infornasi hasil analisis/penelaahan, serta perbandingan dan sistesis hasil penelitian berdasarkan pemikiran mutakhir yang diperoleh dari kepustakaan. Hasil dan pembahasan memuat gambaran yang jelas tentang kajian atau hasil penelitian yang dikaitkan dengan rumusan masalah serta hasil penelitian sejenis yang telah dipublikasikan sebelumnya. Diskusi mengenai hasil kajian atau penelitian diuraikan pada bagian ini.

          Pada umumnya bagian ini akan menyajikan informasi informasi yang diperjelas dengan bentuk-bentuk tabel, gambar, foto, maupun grafik. Yang dirancang untuk memberikan pengertian yang lebih baik terhadap keterangan yang diberikan teks. Dalam hal penyajian bentuk-bentuk informasi tersebut, perlu diperhatikan ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

 

  1. Gambar

          Format dan simpan citra grafis Anda menggunakan program permrosesan grafis yang sesuai dan legal. Sesuaikan ukuran dan resolusi dari citra tersebut agar setiap tulisan maupun bentuk objek yang terkandung didalamnya tetap dapat dibaca atau dibedakan. Gambar hasil fotografi maupun grayscale harus disiapkan dalam resolusi 400dpi dan disimpan tanpa proses kompresi, 8bits per piksel (grayscale)

 

  1. Ukuran Gambar dan Tabel

          Gambar dan tabel ditampikan dalam lebar 1 kolom (3 ½ inci atau 8,89cm)atau 2 kolom (7 1/16 inci, lebar 17,93 cm). Sebisa mungkin ukuran lebar ataupun tabel tidak mungkin ukuran lebar gambar ataupun tabel tidak kurang dari 1 kolom. Hal ini dikarenakan pembesaran yang terlalu ekstrim dapat mendistorsi gambar dan menghasilkan reproduksi yang berkualitas rendah. Untuk itu adalah lebih baik jika gambar yang hendak ditampilkan berukuran sama atau sedikit lebih besar dari 1 atau 2 kolom.

          Jika memungkinkan, gunakan open type forn (Times Roman, Helvetica, Helvetica Narrow, Courier, Symbol, Palatino, Avant Garde, Bookman, Zapf Dingbats dan New Century Schoolbook) ketika mencantumkan tulisan di dalam gambar dengan ukuran font 9pt.

          Karena tim editor publikasi tidak akan melakukan penyuntingan ulang terhadap posisi dan ukuran dari gambar ataupun tabel yang dicantumkan, anda hendaknya memastikan bahwa semua gambar dan tabel telah memenuhi kriteria yang telah disebutkan. Gambar dan tabel yang telah anda atur akan tampil seperti apa adanya pada saat dipublikasikan. Disarankan menampilkan gambar dan tabel seperti contoh pada templete ini.

          Judul gambar harus diletakan pada bagian bawah dari gambar terkait dengan penyelarasan justifi (lihat contoh). Jika gambar Anda terdiri lebih dari satu bagian, tambahkan label “(a)” , “(b)”, dan seterusnya sebagai bagian dari gambar. Jangan melebihi garis batas tepi pada gambar. Sementara itu, judul tabel harus diletakkan pada bagian atas label dengan penyelarasan tengah. Pastikan bahwa setiap gambar atau tabel yang dirujuk memang benar-benar dirujuk. Baik gambar maupun tabel diberi nomor menggunakan penomoran arab. Untuk menuliskan label pada sumbu-sumbu dari sebuah diagram/gambar lebih baik digunakan kata daripada simbol. Pastikan semua simbol maupun kata dapat dibaca. (readable).

 

 

Contoh Tabel

 

Tabel 1

 (Judul tabel)

No

A

B

C

D

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

                Sumber:

 

 

 

 

 

 

Contoh Gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

(Judul Gambar)

Sumber:

 


  1. Kesimpulan

          Bagian ini merupakan bagian yang menyajikan kesimpulan dari seluruh konten artikel/naskah yang ditampilkan dengan singkat dan jelas. Jika ada sertakan saran-saran yang muncul sebagai akibat  dari hasil kajian atau penelitian yang telah dilakukan. . (Times New Roman, 12pt, single line spacing)

 

Daftar Pustaka

 

American Psychological Association (2001). Publication Manual of the American Psychological Association, Fifth Edition. Washington: American Psychological Association

Nama Akhir (tahun), Judul Buku (miring), Tempat, Penerbit

Nama Akhir 1., Nama Akhir 2. (Tahun). Judul Buku (miring). Tempat: Penerbit

Nama Akhir 1., Nama Akhir 2., Nama Akhir 3. (Tahun). Judul Buku (miring), Tempat: Penerbit

Nama Akhir 1., Nama Akhir 2., Nama Akhir 3., Nama Akhir 4., Nama Akhir 5., Nama Akhir 6.,..... Nama Akhir 10. (Tahun).  Judul Buku (miring), Tempat:Penerbit.

Nama Akhir. (Tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, volume (Miring) (No), Halaman.

Nama Akhir (Tahun, Bulan), Judul Artkel, diakses dari web (miring).

 

 

  

.