Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Kepengarangan/Kontributor (Authorship/Contributorship)


Keseragaman aturan kepengarangan termasuk didalamnya untuk naskah yang disponsori penting diperhatikan terutama dalam hal menentukan siapa yang pantas dimasukkan sebagai penulis. Penulis terikat persyaratan yang ditetapkan oleh aturan kepengarangan. Bentuk penghormatan penulis kepada pihak sponsor sebaiknya tidak dengan cara mengikutsertakan perwakilan sponsor sebagai penulis naskah melainkan menyebutkan kontribusi mereka pada bagian ucapan terima kasih (acknowledgment).


 


Kontrol Proses (Konten, Arah dan pilihan)


Penulis sangat penting terbebas dari pengaruh yang tidak semestinya dari sponsor. Penyunting dan penerbit mungkin membutuhkan surat pernyataan penulis untuk menjamin bahwa mereka mengajukan naskah bebas mereka sendiri tanpa intervensi dari pihak sponsor. Surat pernyataan ini diminta sebagai jaminan bahwa penulissetuju dengan interpretasi hasil dan kesimpulan yang tercantum dalam naskah. Apa pun hubungan penulis dengan sponsor, penting bahwa penulis memastikan hasil penilaian naskah hanya berdasarkan penilaian prestasi ilmiah penelitian. Intinya, penulis harus memiliki kebebasan penuh dalam segala hal termasuk untuk menyerahkan naskah mereka ke jurnal yang mereka anggap paling tepat.


 


Pengungkapan Sumber Pembiayaan dan keterlibatan Sponsor


Baik sponsor maupun penulis dan atau penyunting tamu harus bersikap terbuka dalam hal pendanaan/keuangan maupun bentuk dukungan lainnya. Hubungan sponsor dengan penulis harus diatur dengan jelas untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya konflik kepentingan.


 


Akses dan Penyediaan Data


Untuk melindungi integritas naskah yang diterbitkan, semua hasil investigasi dan naskah penulis harus memiliki akses ke data lengkap. Penulis harus memiliki ijin dari sponsor untuk mendapatkan semua data publikasi. Penyunting dan penerbit yang membutuhkan peran sponsor untuk menjamin bahwa semua penulis memiliki akses penuh terhadap data dan hasil yang dilaporkan, dan atau mengharuskan penulis mengakui bahwa mereka telah dibeikan akses penuh ke data.


Oleh karena itu, sponsor penelitan harus menetapkan kebijakan tentang penggunaan dan penyebarluasan data yang mereka miliki termasuk menentukan dalam pemberian persyaratan informasi. Sponsor harus siap bekerjasama baik dengan penulis maupun penerbit dalam kaitan akses data jurnal.


Sponsor dan peneliti tidak boleh terjebak dalam perjanjian yang menghambat proses penyebarluasan data. Penulis harus bersikap tegas dengan menghapus nama sponsor dari naskah jika akses ke data dipersulit dengan sengaja.


 


Hak Cipta


Sponsor harus menyadari dan mematuhi hak cipta (atau lisensi) kebijakan jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian mereka. Sponsor tidak berhak mengubah lisensi dan perjanjian hak cipta. Penyunting dan penerbit harus menekankan pada sponsor bahwa semua penulis telah menandatangani pelepasan hak cipta atau bentuk perijinan sehingga sponsor tidak berhak mengklaim hak cipta cari hasil penelitian yang dilakukan penulis. Pengiriman ulang yang dilakukan sponsor atas substansi jurnal yang mirip dengan substansi yang dimuat di jurnal lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta. Intinya sponsor harus menghindari publikasi ganda dan berlebihan dari hasil studi primer. Publikasi sekunder yang dihasilkan ari studi harus mengutip publikasi primer dan harus memiliki perbedaan yang cukup signifikan untuk dinilai sebagai publikasi sekunder.


 


Kesalahan Sponsor dan atau Praktek Tidak Etis


Kesalahan atau praktik tidak etis dari sponsor mencakup, baberapa hal sebagai berikut:



  1. Mempengaruhi penulis secara tidak sah perihal interpretasi hasil penelitian dan/atau kesimpulan penelitian atau mempengaruhi penulis secara tidak patut kepada penulis untuk memasukkan hasil penelitian di jurnal yang diinginkan sponsor.

  2. Mengintervensi tampilan data dan/atau bahan yang boleh disampaikan penulis.

  3. Memalsukan data kepengarangan/penulis

  4. Tidak mampu mengungkapkan secara transparan perihal keuangan dan dukungan lainnya.

  5. Mempengaruhi secara tidak sah pada mitra bestari untuk mempublikasikan hasil penelitian yang menonjolkan produk sponsor.


 


Template


GAYA PENULISAN DAN GAYA SELINGKUNG


PARADIGMA POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


 
































































































Judul Artikel



 



Penulis Pertama1, Penulis Kedua2



 



Program Studi, Nama Universitas/Instansi


Alamat email



 



Program Studi, Nama Universitas/Instansi


Alamat email



 



Abstrak



 



Abstrak merupakan rangkuman seluruh konten artikel. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, atau ditulis bahasa indonesia jika naskah ditulis dalam bahasa inggris. Panjang abstrak disarankan sekitar 200 hingga 250 kata yang menggambarkan penelitian yang dilakukan secara eksplisit dengan kalimat yang lugas dan jelas, mencakup maksud/tujuan, metode dan hasil yang dicapai, tanpa ada acuan pada daftar pustaka. Artikel yang ditulis tidak mengacu kepad gaya selingkung ini tidak dapat diterbitkan pada jurnal ini, walaupun kontennya telah memenuhi syarat untuk dipublikasikan.



 



Kata Kunci-Tuliskan 4 atau 5 buah kata kunci atau frasa menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda koma.



 



1.        Pendahuluan



 



Pendahuluan merupakan pengenalan dan pemetaan masalahan dari penelitian yang dilakukan. Memuat latar belakang permasalahan seperti uraian penelitian yang sudah dilakukan dan membawa pembaca pada inti persoalan yang sedang dihadapi. Pada bagian ini permasalahan diungkapkan, perkembangan terkini dari penelitian terkait permasalahan (state of the art) yang dperoleh dari berbagai kepustakaan ikut dibahas.


     Secara umum, artikel disusun dalam subjudul Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan DAFTAR PUSTAKA. Penulis artikel perlu memperhatikan kemungkinan publikasi lain sehingga terhindar dari publikasi, potensi paten, munculnya komplain karena menggunakan perangkat lunak ilegal dan melibatkan pihak lain dalam penelitian kerjasama.


     Badan naskah dalam artikel ditulis dalam dua kolom, ukuran spasi 1, baris pertama indent 5mm. Subjudul harus dibuat dalam tiga tingkat.


a.    Subjudul 1: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran hurup 11, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan angka romawi diikiti dengan titik (misalnya I. Pendahuluan)


b.    Subjudul 2: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran hurup 11, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan hurup diikuti dengan titik (misalnya A. Percobaan)


c.    Subjudul 3: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran hurup 11, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan braket terbuka, misalnya; 1) Percobaan Lapangan.


     Teks ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.



 



2.        Metode Penelitian



Bagian ini merupakan bagian yang mengemukakan teori dan kerangka berpikir berikut prosedur pemecahan dari permasalahan yang dihadapi, dilengkapi dengan informasi lokasi, waktu, bahan dan metode yang dipakai, dilanjutkan pemaparan, yang diuraikan singkat dan jelas. Teks ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.



 



3.        Hasil  dan Pembahasan



 



Merupakan bagian yang menyajikan bagian data dan infornasi hasil analisis/penelaahan, serta perbandingan dan sistesis hasil penelitian berdasarkan pemikiran mutakhir yang diperoleh dari kepustakaan. Hasil dan pembahasan memuat gambaran yang jelas tentang kajian atau hasil penelitian yang dikaitkan dengan rumusan masalah serta hasil penelitian sejenis yang telah dipublikasikan sebelumnya. Diskusi mengenai hasil kajian atau penelitian diuraikan pada bagian ini.


     Pada umumnya bagian ini akan menyajikan informasi informasi yang diperjelas dengan bentuk-bentuk tabel, gambar, foto, maupun grafik. Yang dirancang untuk memberikan pengertian yang lebih baik terhadap keterangan yang diberikan teks. Dalam hal penyajian bentuk-bentuk informasi tersebut, perlu diperhatikan ketentuan-ketentuan sebagai berikut.


 


A.  Gambar


Format dan simpan citra grafis Anda menggunakan program permrosesan grafis yang sesuai dan legal. Sesuaikan ukuran dan resolusi dari citra tersebut agar setiap tulisan maupun bentuk objek yang terkandung didalamnya tetap dapat dibaca atau dibedakan. Gambar hasil fotografi maupun grayscale harus disiapkna dalam resolusi 400dpi dan disimpan tanpa proses kompresi, 8bits per piksel (grayscale)


 


B.  Ukuran Gambar dan Tabel


Gambar dan tabel ditampikan dalam lebar 1 kolom (3 ½ inci atau 8,89cm)atau 2 kolom (7 1/16 inci, lebar 17,93 cm). Sebisa mungkin ukuran lebar ataupun tabel tidak mungkin ukuran lebar gambar ataupun tabel tidak kurang dari 1 kolom. Hal ini dikarenakan pembesaran yang terlalu ekstrim dapat mendistorsi gambar dan menghasilkan reproduksi yang berkualitas rendah. Untuk itu adalah lebih baik jika gambar yang hendak ditampilkan berukuran sama atau sedikit lebih besar dari 1 atau 2 kolom.


Jika memungkinkan, gunakan open type forn (Times Roman, Helvetica, Helvetica Narrow, Courier, Symbol, Palatino, Avant Garde, Bookman, Zapf Dingbats dan New Century Schoolbook) ketika mencantumkan tulisan di dalam gambar dengan ukuran font 9pt.


Karena tim editor publikasi tidak akan melakukan penyuntingan ulang terhadap posisi dan ukuran dari gambar ataupun tabel yang dicantumkan, anda hendaknya memastikan bahwa semua gambar dan tabel telah memenuhi kriteria yang telah disebutkan. Gambar dan tabel yang telah anda atur akan tampil seperti apa adanya pada saat dipublikasikan. Disarankan menampilkan gambar dan tabel seperti contoh pada templete ini.


Judul gambar harus diletakan pada bagian bawah dari gambar terkait dengan penyelarasan justifi (lihat contoh). Jika gambar Anda terdiri lebih dari satu bagian, tambahkan label “(a)” , “(b)”, dan seterusnya sebagai bagian dari gambar. Jangan melebihi garis batas tepi pada gambar. Sementara itu, judul tabel harus diletakkan pada bagian atas label dengan penyelarasan tengah. Pastikan bahwa setiap gambar atau tabel yang dirujuk memang benar-benar dirujuk. Baik gambar maupun tabel diberi nomor menggunakan penomoran arab. Untuk menuliskan label pada sumbu-sumbu dari sebuah diagram/gambar lebih baik digunakan kata daripada simbol. Pastikan semua simbol maupun kata dapat dibaca. (readable).


 


Contoh Tabel


 


Tabel 1


 (Judul tabel)


 









































No



A



B



C



D



1



 



 



 



 



2



 



 



 



 



3



 



 



 



 



4



 



 



 



 



Sumber:


 


Contoh Gambar


 

































           
     
   
     
 
 

(Judul Gambar)


Sumber:.....



 



4.        Kesimpulan



Bagian ini merupakan bagian yang menyajikan kesimpulan dari seluruh konten artikel/naskah yang ditampilkan dengan singkat dan jelas. Jika ada sertakan saran-saran yang muncul sebagai akibat  dari hasil kajian atau penelitian yang telah dilakukan.  



 



5.    Daftar Pustaka



Penulisan daftar pustaka mengikuti Harvard Format APA Style.


a.    Buku


Nama belakang pengarang, inisial depan. (tahun penerbitan). Judul buku (Edisi-jika lebih dari satu edisi). Tempat diterbitkan: Penerbit.


 


Yang perlu diperhatikan adalah judul buku yang dituliskan secara italic dengan penggunaan hurup kapital mengikuti standar penulisan kalimat. Jumlah pengarang yang boleh didaftarkan disuatu referensi maksimal berjumlah enam. jika pengarang berjumlah lebih dari enam maka pengarang ketujuh dan selanjutnya dituliskan sebabagi et.al. baris kedua dan seterusnya dalam suatu referensi dibuat menjorok ke dalam.


Contoh:


Bray, J.,&Sturman, C (2001). Blooeth: Connect without wires. Upper Saddle  River, NJ: Prentice Hall.


Forouzan, B.A.,&Fegan, S.C. (2007). Data communications and networking (4th ed). New York: McGraw-Hill.


Penulisan buku dengan editor disertai (Ed.) untuk satu editor dan (Eds.) untuk lebih dari satu editor. Contoh:


Maher, B.A. (Ed). (1964-1972). Progress in experimental personality research (6 vols). New York: Academic Press.


 


b.      Jurnal


Nama Belakang Pengarang, inisial depan (tahun penerbitan). Judul artikel. Judul Jurnal, Nomor Volume-jika ada (nomor issue), nomor halaman awal dan akhir dari artikel.


 


Yang perlu diperhatikan adalah penulisan judul artikel dan judul jurnal. Huruf kapital pada penulisan judul artikel digunakan mengikuti standar penulisa kalimat. Huruf kapital pada penulisan judul jurnal dituliskan menurut standar penulisan judul. Hanya judul jurnal yang dituliskan secara italic.


 


Contoh


Tseng, Y.C., Kuo, S.P., Lee, H.W.,&Huang, C.F. (2004). Locations tracking in a wireless sensor netwok by mobile agents and its data fusion strategies. The Computer Journal, 47(4), 448-460.


 


c.       Paper


Nama Belakang Pengarang, Inisial depan. (tahun penerbitan). Judul artikel. Inisial Editor. Nama Belakang editor (Ed./Eds.), Judul proceedings (pp. Halaman awal-halaman akhir). Tempat penerbitan: Penerbit.


 


Contoh:


Fang, Q., Zhao, F., & Guibas, L. (2003)., lightweight sensing and communications protocols for target enumeration and aggregation. In M. Gerla, A. Ephremides, & M. Srivastava (Eds.) MobiHoc’03 fourth ACM Symposium on mobile ad hoc networking and computing (pp.165-176). New York, NY : ACM Press.


 


d.      Web


Nama Belakang pengarang, Inisial. (tahun situs diproduksi atau tahun penerbitan dokumen). Judul Dokumen. Tersedia di: sumber.


 


Yang perlu diperhatikan adalah: jika tanggal tidak ada maka gunakan n.d., jika nama pengarang tidak ada maka nama organisasi bisa dituliskan sebagai pegarang, jika pengarang sama sekali tidak ada maka awali referensi dengan judul dokumen, jika dokmen tersebut merupakan bagian dari situs web yang besar maka sebutkan nama organisasi dan departemen yang bersangkutan diikuti karakter dan alamat situs.


 


Contoh:


Banks, I. (n.d.). The NHS Direct healtcare guide. Tersedia di:


http://www.healthcareguide.uk


Alexander, J., & Tate, M.A. (2001). Evaluating web resources. Tersedia di: Widener University, Wolfgram Memorial Library website: http//www2.widener.edu//webeval.htm.


Bibliographic references  Harvardformat APA style. (2011). Tersedia di: University of Portsmouth website: http://www.port.ac.uk/library/guides/filetodownload.pdf