IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI GURU DENGAN KONSEP PEDIDIKAN KH HASYIM ASY’ARI

ETIKA PROFESI GURU DENGAN KONSEP PEDIDIKAN

  • Agista Pahlana Islammilyardi Universitas Pasundan

Abstract

Etika profesi guru merupakan bagian penting dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan guru yang menerapkan etika profesi dalam kegiatan belajar mengajar harus menjadi tempat yang nyaman bagi peserta didik dalam menimba ilmu, di dalam nya bukan hanya mentrasfer ilmu yang dimiliki guru pada peserta didik, melainkan membimbing dan menjadi teladan bagi peserta didik dalam menjadi pribadi yang memiliki karakter yang baik. KH. Hasyim Asy’ari telah membuat suatu konsep pendidikan yang dapat membantu seorang guru bisa dikatakan professional dengan melakukan nya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, yang harus dilakukan guru dalam kegiatan belajar mengajar yaitu : berdoa, membangkitkan semangat siswa, memberi motivasi, keihkasan dalam mengajar, antusias dalam kegiatan belajar mengajar, kejujuran, keadian, wibawa/kharisma, kasih sayang kepada murid, metode yang dipilih, perhatian kepada siswa,pengarahan dalam talenta, pelatihan minat bakat, kepribadian yang baik dan evaluasi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan paradigm kualitatif, penelitian ini dilakukan pada alumni pendidikan ekonomi angkatan 2016 FKIP Universitas Siliwangi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengirimkan goole formulir (angket) pada grup whatsapp alumni pendidikan ekonomi angkatan 2016 FKIP Universitas Siliwangi..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 5, 2019
How to Cite
ISLAMMILYARDI, Agista Pahlana. IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI GURU DENGAN KONSEP PEDIDIKAN KH HASYIM ASY’ARI. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 49-54, feb. 2019. ISSN 2549-2284. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/1182>. Date accessed: 22 oct. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v3i1.1182.
Section
Articles