PENERAPAN MODEL PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI KARANGAMPEL

Authors

  • Supriyadin Supriyadin SMK PGRI KARANGAMPEL

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.4393

Keywords:

Kata Kunci : berpikir kreatif, Model peta pikiran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (a)  menggambarkan  prosedur persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menulis cerpen dengan model peta pikiran, (b ) mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model peta pikiran peserta didik kelas kontrol dengan kelas eksperimen   di kelas XI SMK PGRI Karangampel, dan (c)  mengetahui  pengaruh model peta pikiran dalam pembelajaran menulis cerpen terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMK PGRI Karangampel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian  tipe  Embedded desain.   Penelitian ini meneliti   bagaimana prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian  pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan  model peta pikiran dalam  pembelajaran  menulis cerpen serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil uji hipotesis bahwa nilai sig (2-tailed)nya 0,000 < 0,05/2, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis cerpen dengan model peta pikiran dan model ekspositoris. Begitu pula hasil uji hipotesis terhadap kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat bahawa thitung sebesar 5,896 sedangkan nilai df 26-2 = 24 diperoleh ttabel sebesar 2,064. Dengan demikian thitung maka Ho ditolak Ha diterima, artinya signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model peta pikiran dalam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMK PGRI Karangampel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama.

Afifa, Nindah Nur. (2007). Peran seni dalam mengembangkan kreatifitas siswa. http://media.diknas.go.id/media/document/5465.pdf.

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad dan Sakura H. Ridwan. 2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aminuddin. 2009. Pandai Memahamidan Menulis Cerita Pendek. Bandung:PT Bumi Mekar.

Aminuddin. 2009. Pandai Memahamidan Menulis Cerita Pendek. Bandung:PT Bumi Mekar.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aryana, Yoki, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buzan, Tony. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayati, R. Panca. (2011). Menulis Esai & Pembelajarannya. Bandung: Prisma Press.

Hidayati, R. Panca. (2018). Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press.

Guilford dalam Herdian (https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/ diakses tanggal 23 November 2019).

Indrawan dan Yaniawati. (2016). Metode Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kusumaningsih, Dewi dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumaningsih, Patmiati dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta dengan Universitas Negeri Jember.

Lathi, Y. E. P., (2014). Bimbingan Belajar Teknik Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Tahun 2013/2014. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Munsyi, Alif Danya. 2012. JadiPenulis? Siapa Takut!. Bandung: Kaifa

Nurgiantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.

Nurgiatoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah mada University Press.

Nurgiantoro, B. (2014). Evaluasi Pengajaran. http://pribadiuntuksemua.blogspot .com/2010//11/evaluasipengajaran.html. Tersedia tanggal 14 April 2018.

Nuryatin, Agus. 2008. Pembelajaran Menulis Karya Sastra Cerita Pendek. Jurnal Hiski: Memberi Bekal Life Skill Kepada Siswa.

Parikh, Nikhilkumar D. 2016. “Effectiveness of Teaching trough Mind Mapping Technique”. The International Journal of Indian Psychology. Diakses tanggal 13 Nopember 2019 (http://oaji.net/articles/2016/1170-1461519892. pdf).

Pollitt, David. 2003. Mind mapping your way to a better career. Journal of Career Development International, Vol. 8 Iss 5 pp.

Puspita, Ayunda Riska, dkk. 2013. Keefektifan Penggunaan Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Bertolak dari Peristiwa yang Pernah Dialami Siswa Kelas IX SMP Negeri 18 Malang. Universitas Negeri Malang Vol 01 No 01.

Reni, Akbar Hawadi, dkk. (2001). Kreativitas. Jakarta: Gramedia.

Riadi Muchlisin. (2014). Pengertian, Manfaat, dan Membuat Mind Mapping. https://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-manfaat-dan-membuat-mind.html.Diakses tanggal 18 Juli 2018.

Rhosalia, Lulu Anggi, dkk. 2016. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menulis Naratif Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gayungan Surabaya. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Vol 02 No 02.

Rojak. H. A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Mind Map Pada Siswa Kelas IX B SMPN 3 Kota Cirebon. Vol. 4, No.1. http://.fkip.uns.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/200.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi Robert Stanton (Terjemahan Sugihastuti dan rosi Abi Al Irsyad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudarman, Momon. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. (1996). Metode Statistika Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, (2001). Metode pembelajaran efektif. Bandung: Afabeta.

Syamsuddin & Damaianti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakaria.

Tanti. Indikator Berpikir Kreatif. 28 Maret 2019. http://catatantanti. blogspot.co.id/2013/05/ indikator-berfikir-kreatif.html.

Tarigan, Henry, Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keteampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Torrance dalam Herdian (https://herdy07.wordpress.com/2010/05 /27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/diakses tanggal 21 November 2019)

Downloads

Published

2021-11-28