Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Peserta Didik Kelas X SMA Nasional Bandung

Authors

  • Indis Putri

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3736

Keywords:

pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi, media video, kreativitas.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi dikalangan peserta didik kelas X SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media video. Penelitian ini menggunakan Metode discovery learning dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis Penelitian ini menggunakan media video. Simpulan penemuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,8; (2) Siswa kelas X SMA Nasional Bandung mampu memproduksi teks laporan ha-sil observasi dengan menggunakan media video . Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 49,5 dan nilai rata-rata postest yaitu 79,6. Jadi, ada peningkatan sebesar 30,1 atau setara dengan 13,7%; (3) Media video tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil  > yakni 19,15 > 2,06. Pada taraf signifikansi 5% tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis men

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, A.C & Senny.(2008). Pokoknya Menulis. Bandung: kiblat.

Alwasilah, A.C. (2010). Filsafat Bahasa Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ari.(2015).”Pemanfaatan Media Audio Video dalam Pembelajaran”. Tersedia pada 28 April 2015. http://aripristian-tonugroho.blogspot.co.id/2015/04/-pemanfaatan-media-audio-video-dalam.html. Di akses pada 10 April 2017.

Ari. Sutrisno. (2011). Pembelajaran Menulis Hasil Observasi dalam Bentuk Paragraf Deskripsi dengan Menggunakan Metode Active Learning pada Siswa Kelas X SMAN 1 Serang Baru Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi S1 FKIP UNPAS. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Blog kebugaran. (2015). “Pengertian Kreativitas Definisi Menurut Para Ahli ciri, tahap, konsep, dan Asumsi tentang Kreativitas”. Tersedia pada 12 Desember 2015.http://kebugarandan-jasmani.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-kreativitas-definisi-menurut.html. Di akses pada 10 April 2017.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Dananjaya, U. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Finoza, L. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulya.

Gintings, A. (2010). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Gunawan. (2013). “Definisi Metode Penelitian”. Artikel. Tersedia pada 07 Agustus 2013.http://koffieenco.blogspot.com/2013/08/definisi-metode-penelitian.html. Di akses pada 18 April 2017.

Herdiansyah. H. (2013). Wawancara, Observasi, dan focus Group. Jakarta: Rajagrapindo persada.

Kemendikbud. (2013). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih. E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis:Yrama Widya.

Kossasih. (2013). Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013. Bandung: Erlangga.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks Analisi Fungsi, Struktur, dan Kaidah Serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya

Landasan teori. (2015). “Pengertian kreativitas”. Tersedia pada 9 September 2015.http://www.landasanteori.com/2015/09/pe-ngertiankreativitas-definisi-aspek.html. Di akses pada 10 April 2017.

Lipton & Hubble. (2013). Sekolah Kreatif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Majid. A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid. A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes.

Maulana. (2014). “Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Artikel. Tersedia pada 01 Januari 2014. http://koefficienco.blogspot.com/2014/01/tujuan-pembelajaran-bahasa-indonesia.html. Di akses pada 17 Juni 2014.

Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogya-karta: BPFE.

Nurhayatin, T. (2009). Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kelas. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrapindo Persada

S. Sadiman, Arief. (2012). Media Pendidikan, Definisi Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sevi. (2014).”Makalah Video sebagai Media Pembelajaran. Tersedia pada 4 April 2014.http://seviaprilia.blogspot.co.id/2014/04/makalah-video-sebagai-media-pembelaja-ran.html. Di akses pada 10 April 2017.

Silberman, M. (2006). Active Learning. Bandung:nusamedia.

Subana, M. Sudrajat. (2009). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin. Dkk. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Suyuno & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Rosda Karya

Tarigan, H.G. (2000). Menulis Sebagai Suatu Keterampila Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Dapartemen dalam Negeri dan Otonomi Daerah. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Dapartemen Dalam Negeri Dan Otonomi Daerah dalam skripsi Ari. Sutrisno. (2011). Pembelajaran Menulis Hasil Observasi dalam Bentuk Paragraf Deskripsi dengan Menggunakan Metode Active Learning pada Siswa Kelas X SMAN 1 Serang Baru Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi S1 FKIP UNPAS. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Tim Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Depdiknas. (2003). Undang- undang RI No 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.

Tim FKIP. (2005). Pedoman Penyusunan Skripsi dan Ujian Sidang Sarjana Pendidikan. Bandung:FKIP unpas.

Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Waridah. E. (2013). EYD & Seputar Kebahasa Indonesiaan. Bandung: Pustaka.

Yuksinau. (2016). “Pengertian dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi”. Tersedia pada 11 Desember 2016. http://www.yuksinau.com/2016/11/teks-laporan-hasil-observasi.html. Di akses pada 10 April 2017

Downloads

Published

2022-11-07