Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menyimpulkan Teks Eksposisi Berorientasi Ide Pokok dan Hubungannya dengan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-falah Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Eteh Resa Asyifa MTs N 3 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4399

Keywords:

Discovery Learning, Menyimpulkan Teks Eksposisi, Berpikir Kritis.

Abstract

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang prosedur keterlaksanaan penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menyimpulkan teks eksposisi berorientasi ide pokok dan untuk mengetahui dari dampak hubungan berpikir kritis peserta didik. Adapun metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) dengan tipe desain Desain Sequential Explanatory. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi, angket skala sikap, serta wawancara sebagai pendukung keterlaksanaan penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menyimpulkan teks eksposisi berorientasi ide pokok dan hubungannya dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Instrumen tersebut dikategorikan valid setelah dilakukan analisis oleh expert judgment dan uji statistik (validitas dan reliabilitas).   Kata Kunci : Discovery Learning, Menyimpulkan Teks Eksposisi, Berpikir Kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Alwasilah, A. C & Senny. (2010). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Alwasilah, dkk (1998). Bunga Rampai Pengajaran Bahasa. Bandung: CV Andira.

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inquiri Model dan Aplikasi.

Chaer. A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, A.S. (2016). Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Humainika No.16 Vol 1. Diunduh 26 Januari 2020.

Effendi, J.L. Mengapa Pemuda Kita Tidak Bisa Menulis. Tersedia 22 Juli 2011. http://www.kompasiana.com. Diunduh 20 Juli 2019.

Ennis, R. H. dkk. (2004). Critical Thingking Test. USA: Bright Minds.

Ferdianza, R. (2015). Analisis Struktur dan Kesalahan Berbahasa pada Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMKN Banyumas. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Finoza, L. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Diksi.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hanafiah dan Suhana. C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hasmawati. (2012). “Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Pajalele Menentukan Pikiran Utama Teks Bacaan Melalui Metode Diskusi.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Hidayati, P.P. (2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indrawan dan Yaniawati. (2014). M,etodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Kemendikdud. (2017). Buku Guru Bahasa Indonnesia Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, G. (1994). Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Keraf, G. (1995). Eksposisi. Jakarta: Grasindo.

Kosasih, E. (2012). Cerdas Berbahasa Indonesia. PT Glora Aksara Pratama: Erlangga.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E. (2015). Tata Bahasa & Satra Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Repsentasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10 (1), 9-22. Pembelajaran Matematika: Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41 (1). Diakses

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Kosdakarya.

Nasucha, Y. (2010). Paragraf Pengembangan dan Implemeentasi. Yogyakarta: Media Perkasa.

Nurgiyantoro, B. (2015). Penillaian Pembelajaran Bahasa.Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. (2009). Konstekstual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Pascsarjana UNM.

Rahmawati, D. (2017). Membaca Intensif Menemukan Gagasan Utama Dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Melalui Teknik Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa VII C SMP Negeri 1 Bonang Demak. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia: Universitas Negeri Semarang.

Rohani, A. (2014). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Samsudin, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Berita dan Menulis Teks Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar: UPI.

Sinambela, P. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dan Implemntasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus 6 (2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suherman. E. dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunaryo, W. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susi, A. (2016). Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Ngeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Humanika 16, (1).

Tampubolon. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2000). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuliana, N (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Universitas Kristen Satya Wancana Salatiga.

Downloads

Published

2023-05-18