Kajian Psikologi Sastra Berorientasi Nilai Pendidikan Karakter Terhadap Novel Serta Relevansinya dengan Tuntutan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Authors

  • Joko Purnomo Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3742

Keywords:

kajian psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tokoh dan penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy ditinjau dari kajian psikologi sastra berorientasi nilai pendidikan karakter. Hal ini direlevansikan  dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi di SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Instrumennya berdasarkan peneliti itu sendiri dengan menggunakan studi pustaka dan studi dokumentasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian berupa data dari hasil mengkaji tokoh dan penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy berdasarkan kajian psikologi sastra yang berorientasi nilai pendidikan kaarakter. Data tersebut meliputi tokoh utama dan tokoh tambahan yang digambarkan dengan teknik penggambaran penokohan, meliputi: teknik pikiran dan perasaan, teknik arus kesadaran, teknik reaksi tokoh, teknik tingkah laku, dan teknik cakapan. Kemudian data selanjutnya dikaji berdasarkan psikologi sastra, sehingga memperoleh hasil tokoh dan penokohan ditinjau dari aspek kepribadian, yaitu id, ego, dan superego. Kemudian hasil kajian psikologi sastra tersebut diorientasikan berdasarkan nilai pendidikan karakter, sehingga memperoleh lima nilai pendidikan karakter, yaitu: nilai karakter religius, nilai karakter nasionalis, nilai karakter integritas, nilai karakter mandiri, dan nilai karakter gotong royong.  Data selanjutnya diperoleh melalui expert judgment dengan tiga ahli yang berprofesi satu sebagai non guru, dan dua sebagai guru Bahasa Indonesia mengenai relevansinya dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di SMK. Hasil kajian psikologi sastra berorientasi nilai pendidikan karakter terhadap novel Pudarnya Pesona Cleopatra dilihat dari tuntutan kurikulum, aspek latar belakang budaya sosial, psikologis, dan kebahasaan dikategorikan sebagian dapat dijadikan materi bahan ajar di SMK.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Alwisol. 2017. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Astuti, dkk. 2016. Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas. Surakarta: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 4, No. 2.

Daryanto & Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Elisa, dkk. 2016. Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP. Surakarta: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 4, No. 2.

Emzir & Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPress.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Caps.

Freud, Sigmund. 2016. Psikoanalisis. Terj. K. Bertens. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gela, Frengki Umbu. 2014. Konflik Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Nora Karya Putu Wijaya (Kajian Psikologi Sastra). Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Hidayat, Muhammad Jamaludin. 2018. Kajian Sosiologi Sastra Terhadap Nilai Pendidikan Karakter dalam Konteks Budaya Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerpen Si Kabayan Manusia Lucu Karya Achdiat K. Mihardja sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Tingkat SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia UNPAS Bandung. Tidak diterbitkan.

Hidayati, R. Panca Pertiwi. 2009. Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press.

Indrawan, Rully & Poppy Yaniawati. 2016. Metodologi Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: Refika Aditama.

Minderop, Albertine. 2013. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Minderop, Albertine. 2016. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Noor, Juliansyah. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Noor, Rohinah M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogya-karta: Kanisius.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rufaedah, Any. 2016. Pengantar Psikoanalis Freud Tentang Manusia. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Saraswati, Intan, dkk. 2014. Novel Lalita Karya Ayu Utami (Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan). Surakarta: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 1, No. 3.

Shirazy, Habiburrahman El. 2016. Pudarnya Pesona Cleopatra. Jakarta: Republika Penerbit.

Siswanto, Wahyudi & Roekhan. 2015. Psikologi Sastra. Malang: Media Nusa Creative.

Siswantoro. 2005. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sriwilujeng, Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Lina, dkk. 2014. Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Karakter Novel 9 dari Nadira Karya Leila S. Chudori. Surakarta: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 2, No. 3.

Syamsuddin, & Vismaia S. Damaianti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Ristri. 2014. Puisi, Prosa dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yuniarti, Siti Mu’minah. 2017. Kajian Struktural Terhadap Nilai Moral dan Budaya Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra Di SMK. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia UNPAS Bandung. Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2022-11-07