Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Cerita Pendek untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Yetti Nurhayati

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v3i1.2561

Keywords:

berpikir kritis, model discovery learning, pembelajaran menulis teks ulasan cerita pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning; (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan cerita pendek antara yang menggunakan model discovery learning dengan model ekspositori; (3) mengetahui penerapan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks ulasan cerita pendek terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa; (4) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang menggunakan model discovery learning dengan model ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks ulasan cerita pendek siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang diketahui berdasarkan nilai prates dan nilai pascates. Peningkatan kemampuan menulis teks ulasan cerita pendek siswa di kelas eksperimen  lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut diketahui berdasarkan data N-gain diperoleh nilai sig. = 0,000, artinya rerata skor N-gain kemampuan menulis teks ulasan siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada N-gain kemampuan menulis teks ulasan siswa di kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan, hal tersebut dapat diketahui berdasarkan nilai prates dan pascates kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil data N-gain diperoleh nilai Sig = 0,000 < a (a = 0,05), artinya rataan skor N-gain kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung : PT Pribumi Mekar.

Akhadiah, Sabarti, Arsjad, Maidah G., Ridwan, Sakura H. 2016. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Asy’ari, Maslichah. 2006. Penerapan Penbdekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma

Barus, Darmina Pratiwi. 2016. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas IX SMPN Percut Sei Tuan 2015/2016.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Herdi. 2010. Mendidik agar Percaya Diri. Jakarta : Arcan.

Hidayati, R. Panca Pertiwi. 2015. Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung : Prisma Press.

Ilahi, Mohamad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta : Diva Press.

Indrawan, Rully, Yaniawati, Poppy. 2016. Metodologi Penelitian. Bandung : Aditama.

Kosasih, E. 2016. Jenis-jenis Teks : Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah penulisannya. Bandung : Yrama Widya.

Kuswana, W.S. 2001. Taksonomi Berpikir. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung : Alfabeta.

Rahmawati, Ida Sari. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP.

Sugiyono. 2012. Statitiska untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Thahar, Harris Effendi. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung : Angkasa

Tim Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

Tim Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

Warsidi, Edi. 2008. Resensi Buku : Apa dan Bagaimana Tekniknya. Bekasi: Mitra Utama.

Published

2022-05-05