Penerapan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berorientasi Sense of Humor Melalui Media Karikatur pada Siswa SMK Kelas X

Authors

  • Cucu Hayati

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2310

Keywords:

berpikir kritis, media karikatur, menulis teks anekdot, dan sense of humor

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  rendahnya  kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot dikarenakan kurangnya sense of humor. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Dapatkah siswa menerapkan kemampuan berpikir kritis dalam menulis teks anekdot berorientasi sense of humor? (2) Bagaimanakah wujud berpikir kritis yang terdapat dalam teks anekdot karya siswa? (3) Bagaimanakah wujud sense of humor dalam teks anekdot karya siswa? (4) Apakah sense of humor dalam teks anekdot siswa terkait dengan media karikatur? (5) Apakah media karikatur berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam membuat teks anekdot berorientasi sense of humor? Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan tipe penyisipan. Desain yang digunakan adalah eksperimen semu dengan model desain kontrol prates dan pascates berpasangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMK Pasundan 1 Bandung  Kelas X terdiri atas 2 kelas, masing-masing 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan. Kesimpulannya bahwa berpikir kritis dapat diterapkan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot berorientasi sense of humor, wujud berpikir kritis adalah bahasa tulisan berupa teks anekdot, wujud sense of humor adalah kalimat berisi yang muluk-muluk,  menggunakan ironi, permainan makna kata, komentar tajam suatu hal, dan  media karikatur berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menghasilkan teks anekdot berorientasi sense of humor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Alwasilah, A.C. (2010). Language, Culture, and Education. Bandung: CV. Andira.

Alwasilah, A.C & Senny. (2008.). Pokoknya Menulis. Bandung:Kiblat.

Berger, Arthur. (1998). An Anatomy of Humor. http://studentjournal. petra.ac.id. Diunduh 5 Mei 2016.

Daryanto, (2013). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

De Porter, Bobbi & Mike Hernacki. (2006). Quantum Writing. Jakarta: Kaifa.

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Krirtis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hidayati, P P. (2011) Menulis Esai dan Pembelajarannya. Bandung: Prisma Press.

Indrawan, R. & Poppy, Y. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Iskandarwassid & Dadang S. (2011) . Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Johnson Elaine B. (2009) Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Keraf, G. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendididan Pendekatan Kuanlitataif, Kualitataif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Kenmendikbud. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Edisi Revisi . Jakarta: Kenmendikbud.

Wachidah, Siti. 2004.Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen Penddidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.

Published

2020-11-20